Jangan Lupa Bersihkan Rumah Sambut Tahun Baru, Ini 7 Makna Khusus di Balik Tradisi Unik Saat Imlek
SerbaSerbi

Pada umumnya, hari-hari pertama tahun baru dipandang sebagai awal yang bagus dan segar untuk memulai sesuatu. Begitu juga dengan Tahun Baru Imlek dengan sederet tradisi bermakna.

WowKeren - Tahun Baru Imlek sudah di depan mata. Tak terasa dalam beberapa hari lagi, masyarakat Tionghoa akan menyambut datangnya tahun baru ini. Imlek di tahun 2022 ini, jatuh pada tanggal 1 Februari, dan akan menjadi Tahun Macan Air.

Di Indonesia, Tahun baru Imlek telah dijadikan sebagai Hari Libur Nasional. Biasanya, masyarakat Tionghoa merayakan tahun baru dengan melakukan berbagai macam tradisi. Beberapa di antaranya ada yang didasarkan pada mitos maupun simbolisme.

Setiap orang mungkin akan memilih untuk merayakan sedikit berbeda berdasarkan preferensi, kepercayaan, dan lokasi mereka. Namun yang jelas, hampir semua orang menghabiskan waktu bersama keluarga dan makan bersama. Berikut beberapa tradisi yang dilakukan untuk menyambut tahun baru Imlek beserta maknanya.

(wk/zodi)

1. Berkunjung ke Sanak Keluarga


Berkunjung ke Sanak Keluarga
VCG Photo

Hal pertama yang banyak dijumpai saat perayaan Tahun Baru Imlek adalah aktivitas untuk berkunjung ke sanak famili. Keluarga adalah landasan kehidupan bagi orang Tiongkok. Oleh sebab itu, tak mengherankan jika seseorang akan memulai setiap tahun bersama orang yang mereka cintai.

Mirip dengan perayaan Thanksgiving, Tahun Baru Imlek juga menjadi kesempatan bagi orang-orang untuk berkumpul dengan anggota keluarga mereka. Namun tentu saja, kondisi pandemi yang tak kunjung usai membuat aktivitas yang satu ini harus dilakukan dengan hati-hati.

Singapura dan Malaysia belum lama ini telah mengeluarkan kebijakan terkait pembatasan berkunjung untuk merayakan Imlek. Jika memang tidak memungkinkan berkunjung, Anda bisa melepas rindu merayakan Imlek melalui panggilan video bersama keluarga.

2. Menyantap Makanan Lezat


Menyantap Makanan Lezat

Tak boleh ketinggalan, adalah menyantap makanan lezat saat tahun baru Imlek. Kurang pas rasanya jika acara berkumpul dengan keluarga tanpa aktivitas yang satu ini. Salah satu hidangan yang wajib ada saat perayaan Tahun Baru Imlek adalah mi panjang.

"Anda tidak bisa memotongnya saat memasak ataupun saat makan, karena panjangnya mi adalah simbol umur panjang. Jadi nikmatilah!" kata Giannina Ong, pemimpin redaksi Mochi Magazine. Selain mi, hidangan yang banyak dijumpai adalah lumpia dan pangsit yang menyimbolkan kemakmuran.

3. Memberi Angpau ke yang Lebih Muda


Memberi Angpau ke yang Lebih Muda

Bagi anak-anak kecil atau orang yang lebih mudah, salah satu hal favorit yang ditunggu-tunggu saat datangnya Imlek ini adalah angpau, amplop merah kecil berisi uang yang diberikan kepada orang yang dicintai.

Orang tua atau pasangan yang sudah menikah biasanya memberikan amplop ini kepada anak-anak dan orang lajang dari generasi yang lebih muda. Menurut legenda, memberi anak-anak delapan koin dalam amplop merah melindungi mereka dari iblis bernama Sui yang berkunjung pada malam Tahun Baru Imlek.

Ong menyarankan untuk memberikan uang dalam jumlah dengan nomer delapan karena angka itu melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan. "Jangan pernah memberikan jumlah dengan nomor empat karena dalam bahasa Cina angka itu memiliki homofon dengan kata kematian, jadi berhati-hatilah!" ujarnya.

4. Mendekorasi Rumah dengan Warna Tertentu


Mendekorasi Rumah dengan Warna Tertentu

Kegiatan menyenangkan lain yang juga tak kalah ditunggu-tunggu menjelang Imlek adalah mendekorasi rumah. Biasanya, warna yang dipilih adalah warna merah. Bukan tanpa alasan, warna itu melambangkan makna khusus.

Asal muasal sifat keberuntungan merah mungkin berasal dari legenda tentang binatang bernama Nian yang muncul pada Malam Tahun Baru untuk mendatangkan malapetaka, yang mana makhluk ini diyakini takut akan warna merah. Orang menggantung lentera merah, bait yang ditulis di atas kertas merah, dan karakter fu (nasib baik) di atas kertas merah.

Bunga dan pohon buah kumquat juga merupakan simbol kemakmuran. Jadi setelah dibersihkan, Anda dapat membawa beberapa bunga ke rumah Anda untuk keberuntungan ekstra.

5. Bersih-Bersih Rumah untuk Menghilangkan Kesialan


Bersih-Bersih Rumah untuk Menghilangkan Kesialan
Pxhere

Pada umumnya, hari-hari pertama tahun baru dipandang sebagai awal yang bagus dan segar untuk memulai sesuatu. Begitu juga dengan Tahun Baru Imlek. Oleh sebab itu, penting untuk memulai tahun yang akan datang dengan kondisi rumah yang bersih untuk menghadirkan kesan positif.

Ong mengatakan bahwa membersihkan rumah jelang tahun baru bisa menghilangkan nasib buruk dan perasaan sakit yang tersisa dari tahun sebelumnya. Namun, perlu diingat bahwa jangan melakukannya tepat saat tahun baru. "Tahun baru membawa keberuntungan, dan pembersihan akan menghilangkannya," ujarnya.

6. Jangan Lewatkan Serunya Pertunjukan Barongsai


 Jangan Lewatkan Serunya Pertunjukan Barongsai
Pixabay

Selain hal-hal di atas, Tahun baru Imlek juga biasanya dimeriahkan dengan pertunjukan barongsai. "Dalam budaya tradisional Tiongkok, singa adalah simbol keberuntungan dan kebahagiaan, dan naga (melambangkan) keberanian dan kekuatan," jelas Jenny Leung, direktur eksekutif Pusat Kebudayaan Tiongkok San Francisco.

Kedua tradisi ini digunakan untuk mengantarkan keberuntungan dan mengusir roh jahat. Tarian naga dilakukan dengan sejumlah orang memegang kostum naga dengan tiang dan menggoyangkan tubuhnya yang panjang dalam sinkronisitas yang mengesankan. Menurut Guinness World Records, kostum naga terpanjang tercatat di Hong Kong hampir tiga setengah mil.

7. Petasan dan Kembang Api yang Meriah Jadi Ciri Khas


Petasan dan Kembang Api yang Meriah Jadi Ciri Khas
Piqsel

Tradisi ini tak lepas dari Barongsai. Aktivitas yang ramai dan meriah dilakukan saat tahun baru untuk menakut-nakuti roh jahat. Petasan kecil berwarna merah adalah benda yang paling populer dari sumber kebisingan ini. Suara petasan dan bau mesiu adalah dua hal yang akrab terlihat di Chinatown saat Imlek.

"Orang-orang menggunakan kembang api untuk menciptakan suasana yang meriah dan mengharapkan keberuntungan di tahun baru," kata Leung. Ia menekankan bahwa sebelum menyalakan kembang api maupun petasan, sebaiknya pastikan bahwa benda itu legal digunakan.

Demikian sejumlah tradisi Imlek yang umumnya dilakukan untuk menyambut datangnya tahun baru. Tradisi-tradisi di atas umum dilakukan di berbagai belahan dunia dan memiliki makna khusus. Selain itu, perlu juga diperhatikan bahwa ada sejumlah pantangan yang sebaiknya tidak dilakukan saat Imlek karena diyakini bisa mendatangkan malapetaka.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait