Selain Ridwan Kamil dan BTP, Ternyata 2 Nama Tokoh Kaltim ini Digadang Pimpin Ibu Kota Baru
Nasional

Tidak lama lagi, Jokowi disebut akan mengumumkan sosok Kepala Badan Otorita IKN Nusantara. Sebelumnya, nama Ridwan Kamil dan Ahok digadang-gadang akan menjadi pemimpin di IKN baru itu.

WowKeren - Sosok calon pemimpin di Ibu Kota Negara (IKN) baru sebelumnya masih menjadi misteri bagi masyarakat. Pasalnya, Presiden Joko Widodo belum juga mengumumkan siapa sosok yang akan mempin IKN baru.

Meski demikian, ada nama-nama tokoh yang digadang-gadang bakal jadi pemimpin di IKN baru, di antaranya adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau biasa dikenal sebagai Ahok. Munculnya kedua nama tokoh ini lantas menjadi sorotan publik dan sempat menjadi perbincangan hangat.

Namun baru-baru ini, Jokowi mengatakan bahwa sosok Kepala Badan Otorita IKN Nusantara akan dilantik dalam waktu dekat. Menurutnya, pelantikan ini nanti bisa saja dilakukan pada minggu-minggu yang akan datang.

Mengenai sosok calon pemimpin IKN Nusantara, Jokowi menegaskan bahwa ia bukanlah berasal dari kalangan partai politik. Sebelumnya, Jokowi telah membeberkan sejumlah kriteria soal sosok yang berpeluang menjadi Kepala Badan Otorita IKN Nusantara.


Salah satu kriteria yang disebutkan Jokowi sebelumnya adalah memiliki latar belakang arsitek. Selain nama Ridwan Kamil dan Ahok, sejumlah tokoh dari Kalimantan Timur juga mengenyja sebagai Kepala Badan Otorita IKN. Adapun tokoh Kaltim yang dimaksud adalah Gubernur Kaltim Isran Noor dan mantan Sekda Provinsi Kaltim HM Sabani.

Terkait munculnya nama Isran Noor itu, beberapa kalangan menilai bahwa sosoknya yang berasal dari Kaltim itu dinilai memahami serta mengetahui seluk-beluk IKN Nusantara di sebagian wilayah Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara (PPU). Melansir TribunKaltim, pada beberapa waktu lalu, di sela-sela acara silaturahmi pejabat yang telah purna tugas di Pendopo Odah Etam Kantor Gubernur Kaltim, Isran Noor lantas memberikan tanggapannya.

"Enggak papa kan nama saja kan (yang disebut), enggak apa, namanya orang dukung boleh saja," tutur Isran Noor. Kemudian, ia juga menuturkan bahwa semua tokoh, baik di luar maupun di Kaltim layak untuk menjadi Kepala Badan Otorita IKN.

Bahkan, Isran Noor juga menyebut mantan Sekda Provinsi Kaltim HM Sabani juga dinilai layak menjadi pemimpin IKN baru. Sembari mengatakan hal tersebut, ia mengatakan bahwa dirinya belum layak untuk menempati posisi Kepala Badan Otorita IKN.

Sementara itu, saat disinggung namanya layak menjadi pemimpin IKN, HM Sabani dalam acara yang sama, diketahui hanya memberikan senyuman dan mengatakan ingin menikmati masa purna tugas. "Oh enggak, enggak, saya mau yang ringan-ringan saja, santai santai saja dulu, enggak usah terlalu berpikir yang berat dulu," ujar HM Sabani.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait