Tak Hanya Tradisi Bukber Di Indonesia, 7 Negara ini Juga Punya Budaya Unik Saat Buka Puasa
Pixabay
SerbaSerbi

Bukber atau buka puasa bersama telah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia selama bulan suci Ramadan. Menariknya, 7 negara ini ternyata juga memiliki tradisi unik saat berbuka puasa.

WowKeren - Bulan suci Ramadan menjadi hal yang paling dinanti oleh seluruh umat Muslim di berbagai negara termasuk Indonesia. Ragam tradisi seperti buka bersama dan bagi-bagi makanan gratis adalah aktivitas yang kerap ditemui selama bulan suci Ramadan.

Sayang, saat pandemi sejumlah aktivitas tersebut sempat dilarang. Beruntung, pemerintah kini telah mengizinkan aktivitas bukber kembali digelar. Meski begitu, masyarakat diminta untuk terus mawas diri dan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Di Artikel sebelumnya, WowKeren juga telah mengulas 7 tips aman bukber selama pandemi.

Namun, euforia buka puasa bersama ternyata tak hanya diminati oleh masyarakat Tanah Air. Berbagai negara diketahui juga memiliki tradisi buka puasa yang unik loh! Penasaran seperti apa? Yuk, simak artikelnya di bawah ini.

(wk/Sisi)

1. Maroko


Maroko
Commons Wikimedia/Soufiane Aeh

Maroko punya tradisi yang unik saat buka puasa Ramadan. Sebagian masyarakat Maroko biasanya berbuka puasa sembari menikmati suasana pantai. Umat muslim umumnya melakukan tradisi tersebut di pantai Rabat.

Menjelang buka puasa, muslim Maroko akan menggelar tikar atau menyiapkan meja kursi di tepi pantai Rabat untuk menghidangkan menu makanan mereka. Saat azan berkumandang, muslim yang hadir di pantai Rabat akan bersama-sama menyantap menu buka puasa yang telah disiapkan.

2. Turki


Turki
flickr/Funky Tee

Masyarakat Turki juga memiliki kebiasaan buka puasa tak jauh berbeda dari Maroko. Muslim Turki biasanya mengajak keluarga mereka untuk menggelar tikar di depan halaman rumah atau kawasan populer. Kawasan populer yang biasa diminati adalah area sekitar masjid Sultan Ahmed di Istanbul, Turki.

Alasan masjid Sultan Ahmed diminati lantaran suasananya yang kental dengan tradisi Ramadan. Umat muslim juga dapat menikmati makanan gratis yang dibagikan pengurus masjid setiap harinya selama bulan suci Ramadan. Masyarakat juga bisa mendengarkan ceramah dari para ulama besar Turki dengan materi berbeda setiap harinya.

3. India


India
Pxhere

Masyarakat India biasanya menyebut Ramadan sebagai Ramazan. Umumnya masyarakat India berbuka puasa di masjid atau surau kecil. Buka puasa biasanya dilaksanakan di depan masjid demi terciptanya suasana kekeluargaan.

Masyarakat India senang sekali menghidangkan menu makanan bihun dan buah-buahan manis saat buka puasa bersama. Selain bihun, ada pula ganghui, semacam bubur dari tepung dan beras yang disajikan bersama daging.

4. Jepang


Jepang
Pixabay

Di negeri sakura, biasanya pemeluk agama Islam berkumpul di Islamic Center. Umat muslim di Jepang akan membentuk panitia untuk aktivitas keagamaan selama bulan suci Ramadan.

Nantinya, panitia ini akan menyusun beragam jadwal kegiatan keagamaan di masjid selama satu bulan penuh. Kegiatan yang digelar biasanya berupa buka puasa bersama, ceramah, dan bakti sosial.

5. Singapura


Singapura
Commons Wikimedia/ScribblingGeek

Perayaan Ramadan muslim Singapura biasanya dipusatkan di Sultan Mosque. Sejak 1960-an, masjid ini rutin menggelar Bazar Ramadan setiap tahunnya.

Di bazar tersebut banyak dijumpai orang-orang berjualan menu makanan berbuka, pernak-pernik Ramadan hingga perlengkapan ibadah. Masyarakat juga bisa mendapatkan menu berbuka puasa dan sahur secara gratis yang dibagikan pengurus masjid.

6. Rusia


Rusia
nara.getarchive.net

Puasa di Rusia memiliki durasi waktu lebih lama dari negara lain yakni 17 jam. Menjelang azan magrib, sejumlah masjid biasanya sudah dipenuhi oleh umat muslim Rusia.

Muslim Rusia umumnya akan berbuka puasa bersama di masjid dan melakukan ibadah salat secara berjamaah. Menu makanan muslim Rusia untuk berbuka puasa biasanya kurma, buah-buahan, dan makanan berupa roti yang diisi dengan aneka toping.

7. Maldives


Maldives
Pixabay

Negara kepulauan ini juga memiliki tradisi Ramadan yang cukup unik. Saat bulan Ramadan, seorang penyair akan diminta membacakan Raivari atau puisi bertema Ramadan menjelang buka puasa. Tradisi itu dilakukan selama tiga puluh hari penuh selama bulan Ramadan.

Penyair puisi biasanya banyak ditemukan di setiap masjid di Maldives atau disiarkan di TV nasional. Berbagai hidangan lokal juga disiapkan menjelang buka puasa seperti kulhi boakibaa (kue ikan), foniboakiba (kue tepung) dan gulha (bola ikan).

Nah, menarik kan artikel WowKeren tentang ragam tradisi buka puasa di berbagai negara? Semoga, artikel WowKeren bertema buka puasa ini bisa membuat aktivitas Ramadan kalian lebih menyenangkan ya. Terus nantikan artikel selanjutnya! See you.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait