Harga Daging Ayam dan Sapi Impor Mulai Turun Usai Lebaran, Daging Sapi Lokal Masih Tinggi
Unsplash/Kyle Mackie
Nasional

Pada saat menjelang hingga Lebaran 2022, harga daging ayam hingga sapi lokal mengalami kenaikan. Usai Lebaran, harga daging-daging tersebut mulai menunjukkan penurunan.

WowKeren - Seperti yang diketahui menjelang hingga Hari Raya Idul Fitri 1443 H atau Lebaran 2022, harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan yang signifikan, di antaranya daginga ayam hingga daging sapi. Namun kini tampaknya harga daging-daging tersebut mulai berangsur turun.

Penurunan harga daging, baik ayam maupun sapi itu diketahui terjadi di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur. Salah satu pedagang yang diketahui identitasnya sebagai Mulyani mengatakan bahwa harga ayam per ekor yang sebelumnya Rp50 ribu, kini turun menjadi Rp45 ribu.

"Untuk yang beratnya 1,6 kg, sudah turun menjadi Rp45 ribu per ekor. Untuk yang berat 1 kg juga turun, dari Rp31 ribu ke Rp28 ribu," ujar Mulyani dalam keterangannya di Pasar Kramat Jati, Senin (9/5).

Adapun turunnya harga ayam per ekor di lapak pedagang Pasar Kramat Jati itu sudah berlangsung selama tiga hari terakhir. Sehingga hal ini lantas menjadi angin segar bagi warga dan pengusaha rumah makan.


Para pedagang menilai turunnya harga daging ayam usai Lebaran lumrah terjadi setiap tahunnya, sebab jumlah pembeli tidak terlampau banyak, sebagaimana saat menjelang Lebaran. "Tapi belum tahu apa masih bisa turun lagi atau bagaimana ke depannya, karena bergantung dari pihak atas (distributor) sana. Kalau kita (pedagang) ya ikut saja," beber Mulyani.

Sementara untuk harga daging sapi lokal di Pasar Kramat Jati belum menunjukkan penurunan usai Lebaran 2022. Salah seorang pedagang daging sapi yang bernama Rita menuturkan sejak lonjakan harga sebelum Lebaran yang mencapai Rp150 ribu per kg, hingga kini harga daging sapi masih belum turun.

Menurut Rita, sejak terjadi kenaikan harga daging sapi pada awal tahun 2022 lalu yang membuat sejumlah pedagang mogok jualan hingga kini harga memang tidak pernah turun, bahkan terus naik. Ia mengungkapkan hanya harga daging sapi impor yang mengalami penurunan, dari sebelum Lebaran berada di angka Rp130 ribu per kg, kini menjadi Rp120 ribu per kg.

"Daging sapi impor baru turun hari ini, turun karena stoknya sudah banyak, kalau sebelum Lebaran kita (pedagang) beli dari sana (distributor) dibatasi, sekarang sudah enggak," jelas Rita dalam kesempatan yang sama.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait