Birthday Spotlight: Happy Taeil Day
Selebriti

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Taeil NCT yang merayakan ulang tahunnya yang ke-28 (29 tahun menurut hitungan Korea) pada 14 Juni.

WowKeren - Ulang tahun para idol menjadi momen yang spesial tak hanya bagi idol itu sendiri tapi juga penggemar mereka. Berbagai cara dilakukan penggemar untuk merayakan momen ulang tahun sang idola mulai dengan berdonasi, memasang iklan di lokasi-lokasi yang populer dan strategis sampai sekedar membuat tagar khusus dan menjadikannya trending topic di Twitter.

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Taeil NCT yang merayakan ulang tahunnya yang ke-28 (29 tahun menurut hitungan Korea) pada 14 Juni. Ulang tahun kali ini menjadi ulang tahun kelima yang dirayakan pemilik nama lengkap Moon Taeil itu sebagai idol.

Taeil adalah vokalis utama dari boy grup NCT dan sub-unitnya, NCT U dan NCT 127 di bawah label SM Entertainment. Taeil memulai debutnya pada April 2016 di unit rotasi NCT U dan menjadi anggota unit NCT 127 yang berbasis di Seoul pada Juli 2016.

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Taeil lahir pada 14 Juni 1994, di Seoul, Korea Selatan. Ia belajar di Seo Seoul Life Science High School dan diterima di program Musik Terapan Universitas Hanyang di Kampus ERICA di Ansan-si, Gyeonggi. Pada 2013, program ini dianggap sebagai program penerimaan awal yang paling kompetitif di negara ini, mengalahkan hukum dan kedokteran di sekolah bergengsi lainnya.

Pada 13 Oktober 2015, Taeil diperkenalkan sebagai anggota tim pelatihan pra-debut SM Entertainment, SM Rookies. Pada 27 Januari 2016, Taeil merilis "Because of You" (단 한 사람) sebagai soundtrack untuk The Merchant: Gaekju 2015.

2. Debut


Debut

Taeil resmi debut sebagai member NCT U pada April 2016 di mana ia berpartisipasi dalam single "Without U". pada Juli 2016, Taeil kembali debut di sub-unit lainnya, kali ini NCT 127 dengan mini album pertama bertajuk "NCT #127". Mereka melanjutkan kegiatan promosi dengan mini album "Limitless" yang dirilis pada Januari 2017.

Debut NCT U dan NCT 127 cukup menarik perhatian, salah satunya karena konsep yang mereka usung dianggap tak lazim di mana ada grup induk dengan beberapa sub-unit sementara dan permanen. Taeil sendiri bisa dibilang merupakan salah satu member yang mendapat mengingat ia tak hanya berbekal wajah ganteng tapi juga kemampuan vokal yang mumpuni.

3. Puncak Karir


Puncak Karir

NCT 127 meraih trofi kemenangan di acara musik untuk pertama kalinya pada 22 Juni 2017 di "M! Countdown" lewat lagu "Cherry Bomb". Untuk pertama kalinya, NCT 127 menjalani kegiatan promosi di Amerika Serikat serta pada masa promosi album "Regular - Iregular" yang dirilis pada Oktober 2018. Saat itu, mereka diundang untuk tampil di acara "Jimmy Kimmel Live!" serta ajang American Music Awards 2018".

Pada 2019, NCT 127 menjalani tur konser pertama mereka, "Neo City - The Origin" yang singgah di berbagai negara di seluruh dunia. Di tahun yang sama, mereka menandatangani kontrak dengan Capitol Music Group dan Caroline Distribution untuk kegiatan promosi NCT 127 di Amerika Serikat.

Tahun 2020, NCT 127 merilis album "Neo Zone" serta album repackage berjudul "Neo Zone: The Final Round", masing-masing dengan title track berjudul "Kick It" dan "Punch". Kedua album ini mengantarkan grup tersebut meraih predikat Million seller.

Kemudian tahun lalu, NCT 127 berhasil menjual 2.466.507 full album ketiga mereka, "Sticker", yang kesuksesannya dilanjutkan oleh album repackage "Favorite" yang terjual sebanyak 1.174.435 copy. NCT 127 juga meraih Daesang di ajang penghargaan Seoul Music Awards ke-31 pada Januari 2022.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Pada 30 Maret 2019, Taeil tampil dalam "Purple" (보라색) Sohlhee. Kemudian pada bulan November, ia muncul di "King of Mask" Singer dengan julukan King Card.

Pada tanggal 11 April 2021, Taeil tampil dalam "The Moon" karya Moon Su-jin (저 달). Pada Mei 2021, diumumkan bahwa Taeil akan berpartisipasi dalam album penghormatan Kim Min-ki, berjudul Morning Dew 50th Anniversary Tribute Album. Bagian pertama dari album, yang menampilkan "A Beautiful Human Being" (아름다운 사람) yang dinyanyikan oleh Taeil, dirilis pada tanggal 6 Juni. Bagian keempat dari album, menampilkan "Morning Dew" yang dinyanyikan oleh berbagai artis termasuk Taeil, dirilis pada tanggal 28 Juni.

Pada 11 Oktober 2021, Taeil, bersama dengan rapper Korea Lil Boi, berpartisipasi dalam debut EP Raiden, "Love Right Back", dengan title track berjudul sama. Mereka mempromosikan rilis bersama di "M Countdown" dan "Inkigayo". Pada 27 Desember 2021, Taeil bersama rekan satu label Onew dan Kyuhyun, merilis lagu "Ordinary Day" untuk album musim dingin SM Entertainment 2021 "Winter SMTOWN: SMCU Express". Pada 13 Februari 2022, Taeil merilis "Starlight" untuk bagian pertama dari soundtrack serial televisi Korea Selatan "Twenty-Five, Twenty-One".

5. Kontroversi


Kontroversi

Sepanjang karirnya sebagai idol, Taeil jauh dari skandal dan tak pernah dirundung kontroversi. Pada Februari 2022, penyanyi tersebut sempat dituding merokok, namun fans membelanya, mengtakan bahwa hal tersebut tidaklah penting karena merokok bukan hal yang ilegal.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Bersama member NCT 127 lainnya, Taeil berpartisipasi dalam tur konser dunia "NEOCTIY: THE LINK." Mereka telah merampungkan konser di Tokyo akhir Mei lalu dan perhentian selanjutnya adalah Osaka pada 25-26 Juni dan Singapura pada 2 Juli. Konser ini rencananya juga akan mampir di Amerika Utara dan belahan dunia lainnya.

Sejauh ini, belum ada informasi tentang kegiatan solo Taeil di luar musik seperti variety show dan drama. Fans berharap ia dapat membintangi musikal, yang tentu akan sangat cocok dengannya mengingat vokalis utama NCT 127 itu memiliki suara yang merdu.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru