Gereja Katedral Jakarta Ikut Ramaikan Idul Adha 2022 Berkurban Sapi ke Masjid Istiqlal
Nasional

Momen Idul Adha tahun 1443 Hijriah disambut seluruh umat muslim untuk ajang kebaikan dalam berbagi. Termasuk pihak Gereja Katedral Jakarta yang memberikan seekor sapi ke Masjid Istiqlal.

WowKeren - Momen hari raya Idul Adha 1443 Hijriah yang berlangsung pada hari ini, Minggu (10/7), dilaksanakan dengan khidmat. Masyarakat khususnya umat muslim di Indonesia berbondong-bondong berbagi kebaikan dengan berkurban hewan sapi hingga kambing.

Namun, nyatanya tidak hanya umat muslim saja yang melakukan kurban ke lingkungan sekitar. Dilaporkan bahwa pihak Gereja Katedral Jakarta turut menyumbangkan sapi kurban ke Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Dilaporkan bahwa sapi kurban itu diserahkan oleh Kepala Paroki Gereja Katedral Jakarta Romo A Hani Rudi Hartoko mewakili Kardinal Ignatius Suharyo. Beliau Wakil Ketua Dewan Paroki Harian Gereja Katedral A Julianti Chandra, dan Sekretaris DPH Gereja Katedral Susyana Suwadie.

"Jelang Hari Raya Idul Adha, pada hari Sabtu, (9 Juli) dilakukan penyerahan sapi kurban untuk Masjid Istiqlal sebagai bela rasa dan kepedulian terhadap sesama dan saudara," kata Susyana Suwadie dalam keterangan pers.


Kemudian sapi kurban tersebut diterima oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Peribadatan Badan Pengelola Masjid Istiqlal Buchori Sail Assatiri didampingi panitia pengadaan hewan kurban, Abdullah Efendi. Momen berbagi antara umat Katolik dan umat Islam ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama saudara dan berbagi.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar turut memberikan pernyataan terkait kurban yang diterima oleh pihak Masjid. Orang pertama yang berkurban kepada pihak mereka adalah Presiden Joko Widodo.

"Pertama kurban dari Presiden itu tadi satu ekor yang sangat besar 1,2 ton. Kemudian itu sudah dites beberapa kali dan betul-betul sehat. Di sini ada 32 ekor sapi dan 16 kambing," kata Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Berdasarkan laporan yang beredar, penyembelihan hewan kurban akan dilaksanakan pada hari Senin, (11/7). "Kami menyembelih hewan kurban pada Senin," ujar Abu Hurairah Wakil Ketua Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal Jakarta. Imam Besar Nasaruddin Umar menginformasikan jika hewan kurban yang diterima itu tidak semuanya disembelih Masjid Istiqlal, tetapi juga diserahkan ke penyembelihannya ke masjid terpilih.

Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar juga menghimbau jika Masjid Istiqlal tidak akan mengadakan pembagian daging kurban di area masjid. Metode ini digantikan dengan langsung dibagikan melalui RT/RW setempat yang telah masuk dalam data.

(wk/taki)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel