Makin Banyak Pilihan Lokasi Pengganti Citayam Fashion Week, Pemkot Jaksel Usul Digelar di Mal
Instagram/citayamfashionweeks
Nasional

Citayam Fashion Week baru-baru ini memicu kontra lantaran menimbulkan kemacetan di jalan. Meski begitu, banyak opsi yang diperuntukkan sebagai lokasi pengganti CFW.

WowKeren - Euforia terhadap Citayam Fashion Week semakin hari semakin tinggi. Apalagi kegiatan fashion show di zebra cross kawasan Taman Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Hal ini kemudian memicu pro kontra.

Mengingat semakin tinggi dan ramainya publik yang berdatangan di Citayam Fashion Week, hal ini kemudian menyebabkan kemacetan lalu lintas. Untuk mengatasi permasalahan ini, banyak bermunculan pilihan untuk memindahkan lokasi Citayam Fashion Week.

Adapun usulan yang mencuat di antaranya adalah Monas, Kota Tua, hingga disarankan hanya digelar saat Car Free Day alias CFD. Sementara itu, atas kemacetan yang dipicu oleh kegiatan Citayam Fashion Week tersebut, pada Senin (25/7) sore, polisi tampak "memblokade" zebra cross yang biasa digunakan untuk catwalk.

"Mereka itu bukan hanya yang catwalk, tapi yang dokumentasi, yang foto, sudah masuk ke jalan, makanya tidak bisa dilalui," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komaruddin kepada wartawan, Senin (25/7). "Kita normalisasikan dulu sambil kita kasih imbauan supaya mereka peduli pada aktivitas masyarakat lain."

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengusulkan alternatif pengganti lokasi Citayam Fashion Week adalah di Monas hingga Kota Tua. Meski begitu, Riza juga membuka usulan lokasi pengganti kepada remaja yang kerap meramaikan Citayam Fashion Week.


"Kita coba sama-sama berunding. Saya usulkan bisa saja di Monas, ada Plaza Selatan tuh yang baru," tutur Riza kepada wartawan di Balai Kota DKI, Senin (25/7). "Nah itu ada tribunnya malah bisa duduk di situ, tempatnya luas, itu bisa. Nanti kita diskusikan."

Kemudian, Riza juga mengusulkan ruang publik seperti Lapangan Banteng, Taman Ismail Marzuki, Kemayoran, hingga Sarinah. Lokasi ini pun sesuai dengan yang diusulkan oleh anggota DPRD.

Usulan lain pun juga datang dari Pemkot Jakarta Selatan. Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Jaksel diketahui mengusulkan agar Citayam Fashion Week digelar di sejumlah mal. Menurut Kasudin Parekraf Jaksel, Rus Suharto, hal ini agar bisa membuat mal kembali ramai setelah sepi imbas dari pandemi COVID-19.

"Bisa meramaikan mal yang saat ini tampak sepi pengunjung, minimal tenant makanan dan minum bisa laris," tutur Rus dalam keterangannya, dilihat dari detikcom, Selasa (26/7).

Rus mengatakan bahwa nantinya Citayam Fashion Week digelar di area luar mal, bukan di dalamnya. Ia pun menyarankan untuk memberi tanda "area catwalk fashion". "Orang yang lewat area tersebut juga jangan marah bila difoto oleh influencer, fotografer, atau videografer," ungkap Rus.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait