BMKG Laporkan 3 Kali Gempa Berkekuatan di Atas Magnitudo 5.0 di Tapanuli Utara
Nasional

BMKG melaporkan terjadinya gempa bumi di Tapanuli Utara sebanyak tiga kali dengan magnitudo yang terbilang besar. Masyarakat pun diminta untuk waspada terkait gempa susulan.

WowKeren - Bencana alam hingga kini masih kerap terjadi di Indonesia. Seperti yang terjadi baru-baru ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadinya tiga gempa berkekuatan di atas magnitudo 5.0 mengguncang wilayah Tapanuli Utara, Sumatra Utara pada Sabtu (1/10) dini hari.

Berdasarkan keterangan resmi BMKG, diketahui bahwa gempa pertama kali terjadi pada pukul 02.28 WIB, dengan magnitudo 6.0 pada kedalaman 10 km dengan lokasi episentrum 2.13 lintang utara dan 98.89 bujur timur atau 15 km barat laut Tapanuli Utara.

Selanjutnya, gempa kedua diketahui hanya berjarak 22 menit dari gempa awal yakni pada pukul 02.50 WIB dengan magnitudo 5.1. Lalu untuk gempa ketiga, terjadi pada pukul 03.37 WIB dengan magnitudo 5.0. Meski begitu, ketiga gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Atas gempa tersebut, BMKG melaporkan ada sejumlah wilayah yang turut merasakan getaran, di antaranya Tarutung dengan skala VI Modified Mercalli Intensity, Singkil (IV), Sipahutar (V), Tapaktuan (III), dan Gunung Sitoli (III).


BMKG menerangkan bahwa skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, khususnya jika tidak terdapat peralatan seismometer di tempat kejadian. Adapun untuk wilayah yang merasakan getaran gempa dalam skala II, dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Kemudian untuk skala III, getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa seakan-akan ada truk berlalu. Selanjutnya pada skala IV, gempa dirasakan banyak orang di dalam rumah, di luar rumah, serta ditandai dengan jendela atau pintu berderik dan dinding berbunyi.

Selanjutnya pada skala V, getaran gempa dirasakan hampir semua orang ditandai dengan barang terpelanting, tiang dan barang besar ikut bergoyang. Kendati begitu, hingga kini disebutkan belum ada laporan resmi mengenai korban jiwa maupun rumah terdampak gempa.

Meski begitu, BMKG meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap gempa bumi susulan yang mungkin saja terjadi. Sehingga dampak-dampak yang tidak diinginkan bisa diminimalisir.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait