Tetap Seimbang dengan Kurangi Konsumsi Karbohidrat
pexels/Cats Coming
Health

Banyak orang kebablasan mengurangi porsi makan sampai tubuh mengalami kekurangan nutrisi. Bagaimana cara menjaga pola makan diet agar tetap bernutrisi seimbang? Ini ulasan Zhiya Maulana selengkapnya!

WowKeren - Langkah pertama yang umum dilakukan pemula saat awal diet adalah mengurangi konsumsi karbohidrat. Menurut Zhiya, hal tersebut merupakan sebuah langkah yang terbilang tepat. Hanya saja, beberapa orang kerap menyalahpahami dengan tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali. Padahal, konsumsi karbohidrat masih diperbolehkan dengan porsi yang dikurangi. Selanjutnya, seimbangkan dengan menambah porsi protein.

"Memang kalau ingin fat loss, harus ada yang dikorbankan di antara ketiga makronutrisi itu. Kalau enggak karbohidrat ya lemak. Tapi, karbohidrat jangan sampai nol juga, cukup dikurangi (porsinya)," jelas Zhiya. "Misalnya tubuh kita butuh 2.000 kkal dan biasanya 50-60%-nya diisi karbohidrat. Nah, kalau mau mengurangi berat badan kan bisa dikurangi 20% jadi 1500 kkal saja yang dari karbohidrat. Kalau protein, malah kalau bisa ditambah karena sifatnya mengenyangkan dan membantu meregenerasi sel."

Meski konsumsi protein dianjurkan ditambah, namun hanya mengonsumsi protein ketika diet juga tidak dianjurkan. "Bisa saja tapi enggak sehat. Karena bagaimanapun juga energi kita untuk beraktivitas bukan dari protein tapi dari karbohidrat," lanjut Zhiya. "Kalau orang pada umumnya, itu harus seimbang (makro nutrisinya). Bukan berarti protein sehat kita hanya makan protein doang. Kita butuh 3-3nya."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel