12 Potret Lika-Liku Karier LOONA Sebelum Isu Member Ajukan Pemutusan Kontrak
Instagram/loonatheworld
Selebriti

LOONA menjadi sorotan karena terlihat berpolemik dengan Blockberry Creative. Hal ini lantaran 9 member LOONA dikabarkan mengajukan gugatan pemutusan kontrak dengan agensinya.

WowKeren - Kabar kurang menyenangkan kembali menerpa girl grup LOONA. Selang beberapa hari usai agensi mendepak Chuu dari grup, sembilan orang dari 11 member LOONA dilaporkan mengajukan gugatan terhadap Blockberry Creative.

Laporan tersebut bermula ketika JTBC merilis berita pada Senin (28/11) kemarin. JTBC mengungkapkan jika member LOONA yang tersisa kecuali ViVi dan Hyun Jin telah mengajukan permohonan penangguhan kontrak eksklusif dengan Blockberry Creative. Kesembilan member tersebut adalah Haseul, Yves, Jinsoul, Kim Lip, Heejin, Choerry, Gowon, Olivia Hye, dan Yeojin.


Menurut kabar, kesembilan member itu berada pada keputusan menggugat Blockberry Creative berdasarkan gagasan bahwa kepercayaan antara agensi dan grup telah runtuh. Mereka menganggap sulit untuk tetap melanjutkan kerja sama secara manajemen dan entertainment dengan agensi. Hal ini tentu membuat penggemar ketar-ketir karena member LOONA terus berpolemik dengan agensi.

Terlepas dari itu, LOONA merupakan salah satu girl grup generasi keempat yang populer. Haesul dan kawan-kawan telah mengalami sederet lika-liku di industri K-Pop meski belum genap 5 tahun debut. Lantas, seperti apa perjalanan kariernya? Yuk intip!

(wk/raud)

1. Debut Resmi di Industri K-Pop


Debut Resmi di Industri K-Pop
Twitter/loonatheworld

Blockberry Creative terbilang unik karena mengenalkan member LOONA melalui single solo dan debut sub unit sejak tahun 2016. Hal ini membuat LOONA memiliki arti sebagai Girl of the Month dalam bahasa Inggris karena bentuk promosi itu selama 18 bulan.

LOONA memulai debut resmi sebagai idol K-Pop pada 20 Agustus 2018. Grup yang digawangi Yves ini merilis mini album "++" dan lagu utama "Hi High". Melalui lagu tersebut, LOONA berhasil menguasai chart iTunes di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, Singapura, hingga Filipina. Sebuah langkah yang menakjubkan untuk sebuah grup rookie.

2. Nama Fandom & Lightstick


Nama Fandom & Lightstick
Twitter/loonatheworld

Usut punya usut, LOONA telah meresmikan nama fandomnya sebelum debut pada 10 Juli 2018. Para member sepakat memanggil penggemar mereka dengan nama Orbit. Sementara itu, lightstick juga menjadi sesuatu penting dalam mendukung idol k-pop. LOONA pun merilis desain lightstick indahnya pada 18 Juni 2020.

3. Campur Tangan Lee Soo Man


Campur Tangan Lee Soo Man
Twitter/loonatheworld

Haseul dilaporkan hiatus karena masalah kesehatan pada 7 Januari 2020. Sehingga, sang leader terpaksa absen di comeback "So What". Menariknya, Lee Soo Man dikabarkan ikut campur tangan dalam dalam produksi untuk album "#" tersebut. Yves mengungkapkan bahwa Lee Soo Man menghubungi LOONA usai terpana dengan video cover "Cherry Bomb" dari NCT 127 yang viral.

4. First Win Penuh Haru


First Win Penuh Haru
Instagram/loonatheworld

Lagu "So What" ternyata berhasil mengantarkan LOONA meraih kemenangan pertamanya di acara musik. Heejin cs berhasil meraih first win sejak debut pada 12 Maret 2020 dengan suasana penuh haru. Para member pun membagikan perasaan terima kasih mereka atas kemenangan tersebut.

5. LOONA OT12


LOONA OT12
Instagram/loonatheworld

LOONA akhirnya kembali dengan formasi 12 member pada 28 Juni 2021. Haseul dikonfirmasi bergabung dalam comeback "PTT (Paint the Town)" setelah hampir 2 tahun hiatus. Hal ini langsung disambut meriah oleh Orbit.

6. Debut Jepang


Debut Jepang
Instagram/loonatheworld

Penyanyi "Why Not?"tersebut melebarkan sayap kariernya ke industri J-Pop pada tahun 2021. LOONA resmi memulai debut Jepangnya dengan merilis lagu bertajuk "Hula Hoop" dan "Star Seed" pada 15 September 2021.

7. Krisis Finansial BlackBerry Creative


Krisis Finansial BlackBerry Creative
Instagram/loonatheworld

Kabar kurang menyenangkan mulai menimpa LOONA pada akhir tahun 2021 lalu. pasalnya, Blockberry Creative dirumorkan sedang mengalami krisis finansial di tengah popularitas LOONA. Hal ini menyebabkan muncul isu bahwa Blockberry Creative terancam bangkrut.

8. Join 'Queendom 2'


Join 'Queendom 2'
Twitter/theseoulstory

Tak menyerah, LOONA justru bergabung dalam survival show Mnet "Queendom 2". Chuu dan kawan-kawan berhasil menunjukkan sisi kecenya sebagai girl grup dengan meraih posisi runner up dalam program tersebut.

9. Polemik World Tour


Polemik World Tour
Instagram/loonatheworld

Menilik kesuksesan di "Queendom 2", LOONA pun menggelar konser solo tingkat dunianya untuk pertama kali. Konser bertajuk "LOONATHEWORLD" ini terbilang penuh polemik. Pasalnya, Blockberry Creative mengungkapkan jika Chuu tak berpartisipasi karena bentrok dengan jadwal individu. Padahal Chuu adalah vokalis di LOONA.

Bukan cuma itu, agensi juga dituding mengeksploitasi member LOONA karena jadwal konser yang sangat padat. Bahkan Blockberry Creative tetap melanjutkan konser meskipun satu per satu membernya banyak yang tumbang.

10. Didepaknya Chuu dari LOONA


Didepaknya Chuu dari LOONA
Instagram/loonatheworld

Absennya Chuu dalam tur dunia LOONA tentu membuat Orbit curiga. Apalagi Chuu juga dilaporkan mengajukan penangguhan kontrak pada bulan Maret lalu. Mengiringi kecurigaan tersebut, Blockberry Creative mendadak mendepak Chuu dari LOONA karena bertingkah kasar kepada staf. Chuu sendiri buka suara dan membantah tudingan agensi tersebut.

11. Pengajuan Pemutusan Kontrak


Pengajuan Pemutusan Kontrak
Instagram/loonatheworld

Polemik antara LOONA dan Blockberry creative semakin memanas karena 9 member lain turut melayangkan gugatan pemutusan kontrak kerja. Pihak agensi pun langsung angkat suara dan membantah isu gugatan yang dilakukan member LOONA. Meski begitu, tanggapan Blockberry Creative menuai beragam reaksi dari Orbit.

12. Torehan Prestasi Gemilang LOONA


Torehan Prestasi Gemilang LOONA
Instagram/loonatheworld

Di sisi lain, LOONA telah banyak menorehkan prestasi gemilang mesti mengalami polemik dengan agensi. Pada 16 September 2021, mereka meraih penghargaan Seoul Metropolitan Council Chairman Award dari Newsis K-EXPO Cultural Awards. LOONA juga meraih sejumlah trofi rookie dari berbagai ajang penghargaan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait