Segera Digelar, Ini 8 Fakta Menarik yang Wajib Kamu Tahu Soal Emmy Awards
SerbaSerbi

Penghargaan pertelevisian Emmy Awards akan digelar pada Senin (17/9) waktu setempat. Lihat apa yang harus kamu ketahui sebelumnya, di sini.

WowKeren - Ajang penghargaan dunia pertelevisian, "Emmy Awards 2018" akan segera dilangsungkan. Akademi Televisi akan menyelenggarakan "Primetime Emmy Awards" ke-70 pada hari Senin (17/9) hari ini. Acara tersebut akan disiarkan langsung oleh NBC dari Microsoft Theater di Los Angeles, AS, mulai pukul 17.00 hingga 20.00 waktu setempat.

Acara penghargaan insan pertelevisian ini akan dipandu oleh Colin Jost dan Michael Che. Namun, sebelum ikut meramaikan gelaran Emmy Awards 2018 kali ini, ada baiknya kamu mengetahui lebih dahulu soal beberapa hal terkait Emmy.

Dilansir dari Mentalfloss, ada serangkaian fakta menarik soal pagelaran yang khusus memberikan penghargaan bagi insan pertelvisian ini, lho. Oleh karena itu, akan sangat sayang jika kamu lewatkan. Daripada penasaran apa saja fakta-fakta soal gelaran yang banyak mengundang perhatian para penggemar dunia Hollywood di seluruh dunia ini, langsung saja simak artikelnya berikut ini.

(wk/silm)

1. Asal Mula Kata Emmy dalam Emmy Awards


Asal Mula Kata Emmy dalam Emmy Awards
AP

Pada akhir tahun 1940-an, Akademi Televisi sedang gencar membuat nama untuk ajang penghargaan terbaru mereka. Pendiri akademi ini, Syd Cassyd, mencoba menyarankan beberapa nama. Ia pertama kali menyebutkan nama "Ike" untuk ajang penghargaan ini. Nama tersebut rupanya berasal dari sebuah tabung ikonoskopi televisi.

Sayangnya, nama tersebut ditolak oleh beberapa anggot lain. Mereka khawatir bahwa nama tersebut terlalu terkait dengan pahlawan Perang Dunia II, Dwight Eisenhower. Selain itu, nama Ike, juga dianggap terlalu politis.

Sebagai gantinya, Henry Lubcke yang kemudian menjabat sebagai Presiden ketiga dari akademi tersebut mengusulkan nama "Immy". Mendengar usulan tersebut, sisa anggota tim memutuskan untuk membuat namanya menjadi feminim, sesuai dengan patung maskot ajang ini menjadi "Emmy". Seperti yang sudah diketahui, patung penghargaan Emmy merupakan sosok seorang wanita bersayap yang memegang atom.

2. Patung Maskot Emmy Awards Dibuat Setelah Mengalami 47 Kali Revisi


Patung Maskot Emmy Awards Dibuat Setelah Mengalami 47 Kali Revisi

Seperti yang sudah diketahui, patung maskot ajang ini merupakan seorang wanita bersayap yang memegang sebuah atom. Perumpamaan wanita dikaitkan dengan seni. Sementara itu, atom yang ia pegang dikaitkan dengan sains atau ilmu pengetahuan.

Sebelumnya, Cassyd dan para anggota timnya sudah memberikan sebanyak 47 proposan desain maskot. Namun, semua usulan tersebut harus ditolak. Sampai pada usulan ke-48 milik insinyur televisi, Louis McManus tersebut akhirnya diterima.

Perlu kamu ketahui bahwa McManus ternyata mengambil model maskot tersebut dari istrinya, yakni Dorothi. Mengetahui hal tersebut, banyak juga yang menyayangkan kenapa penghargaan tersebut tidak dinamai Dorothi saja.

3. Jackie Kennedy Satu-Satunya Ibu Negara AS yang Menang Emmy


Jackie Kennedy Satu-Satunya Ibu Negara AS yang Menang Emmy
Getty Images/Michael Ochs/Stringer

Fakta lain terkait ajang penghargaan insan pertelevisan ini adalah soal ibu negara yang mendapatkan Emmy. Sampai saat ini, Jackie Kennedy merupakan satu-satunya ibu negara yang berhasil meraih Emmy. Istri mantan Presiden Amerika Serikat, John F. Kennedy, ini mendapatkan Penghargaan Trustees Award untuk tur televisinya yang terkenal di Gedung Putih pada tahun 1962.

Setelah itu, belum ada lagi ibu negara yang menerima penghargaan di Emmy. Meskipun demikian, Michelle Obama hampir saja mendapatkan penghargaan tersebut. Michelle menerima perhatian Emmy berkat segmen "Billy on The Street" yang sempat menjadi nominasi di tahun 2015 yang lalu.

4. Piala Emmy Milik Betty Thomas Nyaris Dicuri di Panggung


Piala Emmy Milik Betty Thomas Nyaris Dicuri di Panggung

Tak hanya ajang penghargaan biasa, kejadian-kejadian menarik juga ditampilkan lewat panggung Emmy. Kejadian piala Emmy yang nyaris dicuri pun turut mewarnai megahnya acara penghargaan tersebut.

Ketika Betty Thomas memenangkan penghargaan sebagai Aktris Pendukung Luar Biasa dalam serial drama "Hill Street Blues" pada tahun 1985, pialanya nyaris dicuri. Seorang pria datang untuk menerima penghargaan Emmy atas namanya. Padahal, Betty ada di tengah-tengah penonton saat itu. Sontak, hal ini langsung membuat heboh.

Akhirnya, diketahui bahwa pria yang nyaris mengambil piala penghargaannya ini adalah Barry Bremen. Ia dikenal sering membuat kelakar serupa di acara-acara besar. Namun, Emmy sepertinya telah menjadi target terakhirnya. Ia kemudian dihukum dengan denda sebanyak USD 175 dan masa percobaan selama 6 bulan.

5. Acara TV Kabel Baru Masuk Nominasi Pada Tahun 1988


Acara TV Kabel Baru Masuk Nominasi Pada Tahun 1988

Meski ditujukan untuk insan pertelevisian, penghargaan Emmy Awards baru memasukkan nominasi dari acara televisi kabel pada tahun 1988. Sebelumnya, acara-acara tv kabel dianggap tidak memenuhi syarat untuk masuk dalam nominasi Emmy.

Hingga akhir tahun 1980-an, serial di televisi kabel mempunyai ajang sendiri, yakni CableACE Awards. Baru pada tahun 1988, Emmy memodifikasi aturan mereka untuk memungkinkan program dalam televisi kabel bisa masuk ke dalam nominasi. Akhirnya, CableAce Awards resmi menggelar upacara terakhirnya pada tahun 1997.

6. Lorne Michael Merupakan Orang dengan Nominasi Emmy Terbanyak


Lorne Michael Merupakan Orang dengan Nominasi Emmy Terbanyak
Getty Images

Bicara soal penghargaan, rasanya tidak sah jika tidak mengetahui siapa orang yang berhasil mendapatkan nominasi penghargaan terbanyak. Sama halnya, dengan penghargaan-penghargaan lain, Emmy pun punya juaranya.

Seseorang dengan nominasi penghargaan Emmy terbanyak jatuh pada pencipta "Saturday Night Live", Lorne Michaels. Ia mendapatkan total kekalahan sebanyak 87 kali. Untuk tahun ini, Michaels kembali dinominasikan dalam kategori Outstanding Writing untuk seri variet SNL.

Untuk kemenangan sesungguhnya, Michael telah dikalahkan oleh Sheila Nevins. Presiden HBO Documentary ini telah mengumpulkan total 31 Emmy Awards selama bertahun-tahun.

7. Beberapa Harus Membayar Sendiri untuk Piala Penghargaan Mereka


Beberapa Harus Membayar Sendiri untuk Piala Penghargaan Mereka

Meski menjadi penghargaan bergengsi, Emmy Awards punya peraturan khusus untuk kategori dengan nominasi yang terdiri dari 15 hingga 20 orang. Untuk kategori dengan banyak orang, misalnya kategori pengghargaan tim penulis, nominator dibebankan sejumlah biaya jika menang.

Mo Rocca mengungkapkan bahwa ia membayar sendiri sebagai bagian dari staf penulisan "The Daily Show". Ia membayar untuk kepentingan biaya piala yang ia terima.

8. Isabel Sanford Jadi Artis Kulit Hitam Pertama yang Menang Emmy


Isabel Sanford Jadi Artis Kulit Hitam Pertama yang Menang Emmy

Nama Isabel Sanford tampil memenangkan penghargaan sebagai Aktris Terbaik dalam serial komedi "The Jeffersons pada tahun 1981. Hebatnya, ia adalah wnaita kulit hitam pertama yang menerima kehormatan tersebut. Kategori tersebut sebelumnya selalu diisi oleh para aktris kulit putih selama lebih dari 6 dekade.

Dua tahun yang lalu, Viola Davis juga memenangkan Emmy untuk kategori Aktris Utama Luar Biasa dalam Serial Drama "How to Get Away with Murder". Ia memanfaatkan pidato kemenangannya untuk berbicara mengenai ras dan kesempatan untuk tampil sejajar dengan selebriti kulit putih. Pidato tersebut menuai banyak air mata dan tepukan dukungan meriah dari para penonton.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru