6 Aplikasi Unik dan Keren Ini Asli Buatan Indonesia, Bikin Bangga
Unsplash/Fikri Rasyid
Tekno

Mulai dari aplikasi chatting hingga yang mendunia, kamu wajib tahu aplikasi keren yang ternyata asli buatan Indonesia ini.

WowKeren - Zaman sekarang, banyak orang tidak bisa dipisahkan dengan ponsel canggih mereka. Mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali, ponsel pintar seolah tak bisa lepas dari tangan. Bukan tanpa sebab, semua aktivitas di era sekarang memang membuat orang-orang sangat bergantung pada ponsel pintar.

Untuk mendukung ponsel pintar yang terus merajai pasar, muncullah beragam aplikasi yang semakin mempermudah hidup kita. Aplikasi tersebut banyak digunakan orang untuk berbagai kepentingan tertentu.


Lantas, tahukah kamu jika orang-orang Indonesia juga banyak berkontribusi dalam menciptakan aplikas-aplikasi unik dan keren? Ya, aplikasi populer yang banyak dipakai orang tak melulu diciptakan oleh luar negeri.

Seperti aplikasi-aplikasi ini, nih. Bukan cuma chatting biasa, aplikasi buatan Indonesia juga ada yang unik banget dan populer. Bahkan, beberapa sanggup melenggang hingga menjadi populer di dunia. Aplikasi apa sajakah itu? Ini dia daftarnya.

(wk/silm)

1. Aplikasi Perpesanan CALLIND, Buatan Asli Kebumen yang Punya Fitur Menarik


Aplikasi Perpesanan CALLIND, Buatan Asli Kebumen yang Punya Fitur Menarik

Satu aplikasi buatan anak Indonesia yang membanggakan bernama CALLIND. Aplikasi ini dikembangkan oleh seorang awrga Kebumen. CALLIND menjadi salah satu aplikasi pesan muntifungsi yang bisa digunakan untuk menelepon, video call, berkirim file, dan juga memasang iklan dan jual beli produk.

Buatan Indonesia, CALLIND menampilkan tampilan yang khas. Mengutip situs resminya, CALLIND mengusung nuansa merah putih yang khas dengan warna bendera indonesia. "Sederhana, tapi elegan...dengan nuansa merah dan putih yang merupakan warna bendera Indonesia untuk mencerminkan semangat nasionalisme kebangsaan."

CALLIND dibuat dengan beberapa pertimbangan pada keunggulan dan kekurangan media sosial. Keunggulan CALLIND, yakni bisa curhat dengan sistem private chat (sistem yang membantu menemukan pengguna yang tepat), bisa curhat dengan lebih dari satu orang dengan private chat komunitas, dan juga bisa melakukan panggilan ke seluruh nomor telepon atau ponsel di seluruh dunia.

2. Aplikasi Edit Foto Asli Indonesia yang Unik, PicMix


Aplikasi Edit Foto Asli Indonesia yang Unik, PicMix

Dengan semakin berkembangnya media sosial seperti Instagram, banyak pengguna yang berlomba-lomba untuk menemukan aplikasi terbaik dalam mengedit foto. Jangan salah dulu, Indonesia juga punya aplikasi populer untuk mengedit foto, lho.

Nama aplikasi ini adalah PicMix. Aplikasi buatan anak Indonesia ini sudah dipakai oleh banyak orang di seluruh dunia. Aplikasi ini dibuat pada tahun 2012 lalu yang dibagun oleh PT Inovidea Magna Global yang ada di Jakarta.

Aplikasi ini banyak menyediakan fitur-fitur keren. Fitur-fitur PicMix yang bisa kamu nikmati di antaranya adalah fitur mengedit foto dengan filter dan efek, menambahkan frame, mengambil foto dari Instagram, dan juga sekaligus berbagai foto dengan teman-temanmu. Selain itu, aplikasi ini juga mengalami upgrade untuk kolase foto dan mengedit video.

Aplikasi edit foto asal Indonesia ini kabarnya sudah diunduh oleh sebanyak 10 juta pengguna. PicMix juga sering mengadakan kontes foto berhadiah yang tentunya semakin menarik perhatian.

3. Minutes Barber, Aplikasi Asli Indonesia yang Membuatmu Tak Harus Antri di Barber Shop


Minutes Barber, Aplikasi Asli Indonesia yang Membuatmu Tak Harus Antri di Barber Shop

Ada satu lagi aplikasi unik dan keren karya anak bangsa. Aplikasi ini bernama Minutes Barber. Dengan adanya aplikasi ini, kamu tak perlu lagi antri lama untuk bercukur.

Terinspirasi dari pengalaman pribadinya, sang pembuat aplikasi, Angki Rinaldy, akhirnya berpikir untuk menciptakan aplikasi Minutes Barber ini. Dengan begitu, pengguna tak perlu lagi jauh-jauh datang ke barber shop untuk mengantri lama.

Selain mempermudah orang yang hendak bercukur dengan bisa memesan antrian mereka terlebih dahulu dari manapun, aplikasi ini juga membawa angin segar bagi para pemilik salon. Mereka memiliki kesempatan untuk beriklan dan mendapatkan pelanggan yang lebih banyak.

Minutes Barber memberikan pilihan-pilihan barber shop yang bisa kamu datangi. Setelah memilih, kamu bisa menentukan pelayanan apa yang kamu butuhkan dari salon tersebut. Jika sudah, pilih tanggal reservasimu agar tak lagi harus mengantri ketika datang. Kamu juga bisa mendapatkan fitur lain, seperti notifikasi kapan kamu punya janji dengan salon hingga adanya penawaran khusus atau diskon yang diberikan.

4. Pawoon, Aplikasi Kasir Online yang Memajukan Usaha Kecil Menengah (UKM) Asli Indonesia


Pawoon, Aplikasi Kasir Online yang Memajukan Usaha Kecil Menengah (UKM) Asli Indonesia

Masih ada lagi aplikasi keren buatan Indonesia asli. Aplikasi tersebut berupa aplikasi kasir online bernama Pawoon. Lewat aplikasi ini, pemilik bisnis kecil dan menengan (UKM) bisa mengembangkan bisnis makanan mereka dengan lebih mudah dan tentunya canggih.

Aplikasi Pawoon menyediakan banyak fitur menarik dan tentunya sangat bermanfaat untuk mengelola sebuah bisnis makanan. Jika menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa mengetahui dengan mudah manajemen stok, laporan penjualan, laporan dari seluruh cabang, promo, hingga mengenal lebih jauh pelanggan mereka.

Pawoon merupakan salah satu aplikasi asli Indonesia yang berbasis di Jakarta Barat. Mereka bercita-cita untuk membuat solusi yang berguna bagi para pebisnis Indonesia. Hingga saat ini sudah ada 10 ribu lebih pemilik bisnis yang menggunakan aplikasi Pawoon untuk mengembangkan usaha mereka.

5. Ruangguru, Aplikasi Bimbel Online Asli Buatan Anak Indonesia


Ruangguru, Aplikasi Bimbel Online Asli Buatan Anak Indonesia

Berbasis pada pendidikan, aplikasi Ruangguru kini tengah besar-besaran melakukan promosi. Ya, aplikasi asli buatan Indonesia ini tengah mencuri perhatian lantaran terobosan kerennya. Ruangguru membuat kegiatan bimbingan belajar menjadi lebih mudah dan tentunya canggih.

Mengutip dari situs pribadinya, Ruangguru sudah mencetak prestasi yang membanggakan. Mereka sudah memiliki pengguna sebanyak lebih dari 6 juta pengguna. Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses dibawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk teknologi konsumen di Asia.

Ruangguru telah bekerjasama dengan berbagai instansi pemerintah di bidang pendidikan. Aplikasi ini menawarkan video belajar berlangganan, marketplace les privat, layanan bimbingan belajar on-demand, tryout ujian online, dan sebagainya.

6. GO-JEK Menjadi Aplikasi Buatan Indonesia Asli yang Semakin Mendunia


GO-JEK Menjadi Aplikasi Buatan Indonesia Asli yang Semakin Mendunia

Bicara soal aplikasi populer asli buatan Indonesia, kita tidak bisa meninggalkan apliasi GO-JEK. Aplikasi karya anak bangsa ini didirikan pada tahun 2010 lalu. GO-JEK merupakan suatu aplikasi yang awalnya dikembangkan untuk melayani angkutan jasa ojek. Namun, seiring perkembangannya yang semakin pesat, Go Jek menawarkan banyak fitur menarik dan memudahkan penggunanya.

Tak hanya memudahkan mendapatkan ojek, aplikasi GO-JEK saat ini juga menyediakan layanan seperti layanan antar makanna, membeli pulsa dan tiket bioskop, layanan cuci mobil, membersihkan rumah, dan banyak lainnya. Tak heran jika aplikasi ini mengundang begitu banyak peminat. Baik dari Indonesia sendiri bahkan hingga ke luar negeri. Aplikasi asli Indonesia ini juga tengah dilirik beberapa negara tetangga untuk bisa diterapkan di sana.

GO-JEK didirikan oleh Nadiem Makarim, warga negara Indonesia lulusan Master of Business Administration dari Harvard Business School. Ide mendirikan GO-JEK muncul dari pengalaman pribadi Nadiem Makarim menggunakan transportasi ojek hampir setiap hari ke tempat kerjanya untuk menembus kemacetan di Jakarta.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait