Bikin Heboh Medsos, Begini Penampakan Jutaan Jangkrik-Belalang yang Serbu Mekkah
Twitter
Dunia

Perwakilan WWF jelaskan kemungkinan penyebab adanya 'invansi' serangga yang menyerang beberapa wilayah Mekkah hingga menggangu jemaah.

WowKeren - Fenomena langka dan tak biasa terjadi di Mekkah, Arab Saudi. Diketahui, jutaan serangga yang terdiri atas jangkrik hingga belalang "menyerbu" kota tempat kiblat umat Muslim itu.

Segerombolan jangkrik hitam terlihat menutup beberapa wilaya kota Mekkah dan beberapa masjid di sana. Hal itu memunculkan rasa kaget pada sebagian warga Mekkah. Beberapa gambar dan juga video mengenai fenomena langka tersebut banyak beredar di media sosial dan membuat heboh.


Dalam sebuah video, tampak serangan serangga tersebut menginvasi beberapa lokasi seperti sekolah, rumah, bahkan hingga masjid-masjid. Pemerintah setempat telah membenarkan adanya kejadian tak biasa ini. Menurut pihaknya, kejadian seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya. Untuk mengatasinya, telah dilakukan pengasapan untuk membasmi serangga-serangga tersebut di seluruh kota.

Sementara itu, salah satu warga memberikan kesaksian mereka terhadap fenomena langka ini. "Pada Sabtu malam saya berdoa di Masjidil Haram, serangga ada di mana-mana, masjid seperti menarik perhatian mereka, tidak hanya ada di halaman, para serangga ini juga berkumpul di sekitar Ka'bah," ujar Abdulwhab Soror seperti dilansir dari The National pada Jumat (11/1).

Abdulwhab juga menjelaskan bahwa fenomena ini benar-benar tak biasa. Ia mengatakan selama hidup di Mekkah, ia belum pernah menyaksikan sesuatu yang seperti ini.

Di sisi lain, para pakar juga belum berhasil mengetahui apa penyebab para serangga ini menyerbu Mekkah. Dr Jacky Judas, perwakilan dari WWF dan Emirates Nature mengatakan bahwa ini adalah kejadian yang baru pertama kali. Ia menduga munculnya serangga-serangga ini datang dari pembudidayaan jangkrik di Semenanjung Arab. Serangga-serangga ini disebut melarikan diri dan akhirnya menyebar hingga ke Mekkah. Selain itu, ada juga kemungkinan perkembangbiakan tak biasa yang terjadi pada para serangga.

Untuk mengatasi hal ini, pemerintah setempat telah melakukan pengasapan dan juga pembersihan para serangga. Dalam beberapa foto, terlihat para jemaah juga turut dikerubuti oleh serangga-serangga dengan jumlah yang tak biasa.

You can share this post!

Related Posts