Jeff Bezos Cerai, Akankah Berimbas ke Amazon?
Getty Images/Alex Wong
Dunia

MacKenzie berpeluang mendapatkan saham Amazon mengingat perusahaan ini didirikan setelah keduanya menikah.

WowKeren - Pendiri Amazon, Jeffrey Preston Bezos atau yang dikenal dengan Jeff Bezos, mengumumkan kabar perceraiannya dengan MacKenzie Bezos melalui akun Twitter pada Rabu (9/1) lalu. Terkait perceraian ini, banyak para investor yang mempertanyakan dampaknya terhadap nasib Amazon.

Sebagai istri, MacKenzie berpeluang mendapatkan sebagian saham Amazon yang dimiliki oleh Jeff. Sebab, e-commerce raksasa tersebut didirikan setelah keduanya menikah. Yang mana menurut hukum yang berlaku di Washington, Amerika Serikat (AS), semua aset yang didapat selama masa pernikahan akan dibagi rata ketika pasangan suami-istri memutuskan untuk bercerai.


Perceraian Jeff dengan istrinya cukup menyita perhatain dunia. Pengacara dan juga sejumlah pakar mengatakan bahwa perceraian dapat mengurangi saham Jeff di Amazon secara drastis. Selain itu, hal ini juga membuka peluang bagi istrinya untuk menjadi salah satu pemegang saham terbesar.

Kembali ke aturan pemerintah Washington terkait pembagian harta gono-gini perceraian, hal itu kemungkinan akan berlaku untuk hampir semua kekayaan Jeff. Yang mana saat ini nilainya mencapai 137 miliar dolar AS atau setara dengan Rp1.900 triliun.

Pasangan tersebut diketahui memiliki properti yang tersebar di sejumlah tempat seperti California, Texas, hingga Washington. Namun, hingag saat ini belum diketahui secara jelas apakah Jeff dan istrinya memiliki perjanjian sebelum atau pasca pernikahan.

Jika tidak ada perjanjian sebelumnya, para pengacara menilai bahwa Jeff mungkin harus menjual setengah dari 16 persen sahamnya di Amazon sebagai syarat pembagian harta perceraian. Dari sini, MacKenzie dapat memanfaatkan kepemilikan saham yang besar di Amazon untuk melakukan perubahan di perusahaan tersebut.

Bisa jadi, perubahan yang digagas olehnya bertentangan dengan prinsip-prinsip yang dimiliki oleh Jeff. Meskipun demikian, perubahan tersebut dianggap tidak terlalu signifikan, mengingat hanya delapan persen saham yang akan jatuh ke tangannya.

"Ini hanya delapan persen," kata seorang analis, Michale Patcher, dilansir CNN pada Sabtu (12/1). "Tidak cukup untuk benar-benar melakukan kontrol."

Pengacara Bernard Clair mengatakan bahwa kepemilikan saham Amazon nantinya akan dilihat dari seberapa besar kontribusi MacKenzie dalam kesuksesan perusahaan. Termasuk bantuan yang ia berikan kepada Jeff saat mengambil keputusan penting demi nasib Amazon.

You can share this post!

Related Posts