Sukses Asian Games, Indonesia Saingi India dan Korsel Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032
Nasional

Pengajuan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade disambut positif oleh Presiden Komite Olimpiade Internasional.

WowKeren - Setelah sukses menggelar Asian Games 2018 dan Asian Paragames 2018, Indonesia digadang-gadangkan maju menjadi kandidat tuan rumah Olimpiade 2032. Hal tersebut rupanya turut disambut pemerintah Indonesia. Lewat surat Presiden Joko Widodo kepada Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, Indonesia resmi mengajukan diri menjadi calon tuan rumah Olimpiade 2032.

Surat kesediaan mengajukan diri menjadi tuan rumah disampaikan Dubes RI untuk Swiss, Muliaman Hadad, sejak Senin (11/2) lalu. Surat tersebut mendapatkan reson positif dari Thomas Bach.

View this post on Instagram

Surat pengajuan dari Presiden Jokowi telah diterima oleh Presiden IOC Thomas Bach. Indonesia dengan bermodalkan kesuksesan Asian Games dan Asian Para Games 2018 akan bersaing dengan India dan Unifikasi Korea (Korsel dan Korut).


A post shared by PanditFootball.com (@panditfootball) on

"IOC sudah mengakui kapabilitas Indonesia pada saat penyelenggaraan Asian Games dan Asian Paragames 2018 yang berjalan sukses," terang Direktur Eksekutif IOC, Christope Dubi seperti dilansir Antara pada Selasa (19/2). "Kami rasa ini menjadi fondasi yang cukup kuat."

Nantinya, Indonesia akan bersaing dengan India serta Korea Selatan yang bersatu dengan Korea Utara sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032. Pemilihan tuan rumah untuk Olimpiade 2032 akan dilangsungkan selambat-lambatnya pada tahun 2024 mendatang. Sementara itu, kota Tokyo, Paris, dan Los Angeles sudah resmi ditetapkan sebagai tuan rumah Olimpiade pada tahun 2020, 2024, dan 2028.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru