Dorong ASN Bertransaksi Secara Digital, Mendagri Bakal Beri 'Affinity Card'
Nasional

Penyerahan secara simbolis Affinity Card dari Direktur Hubungan Kelembagaan BRI kepada Menteri Dalam negeri Tjahjo Kumolo merupakan bentuk tindak lanjut dari penandatanganan MoU pada awal Maret lalu.

WowKeren - Kementerian Dalam Negeri telah menindaklanjuti nota kesepahaman (Mou) dengan PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk (BRI) mengenai Penyediaan dan Pemanfaatan Jasa Perbankan Berbasis Teknologi. Tindak lanjut tersebut dimulai dengan penyerahan kartu Affinity Card secara simbolis.

Kartu ini diperuntukkan bagi para pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat di lingkungan Kemendagri maupun BNPP. Affinity Card diserahkan secara simbolis dari Direktur Hubungan Kelembagaan BRI kepada Menteri Dalam negeri Tjahjo Kumolo. Tajahjo berharap dengan adanya kerja sama ini, pihaknya bisa mendorong terciptanya sistem baru yang lebih efisien.

"Terima kasih untuk BRI," kata Tjahjo saat menjadi Inspektur Upacara di Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (17/6). "Yang telah menindaklanjuti MoU. Semoga kerja sama ini akan selalu meningkatkan kepedulian kita dalam membuat sistem baru yang efektif dan efisien."


Adapun Affinity Card ini merupakan produk uang elektronik yang berbentuk kartu. Fungsinya untuk melayani dan memproses transaksi digital. Oleh sebab itu ke depan, semua jajaran IPDN maupun PNS yang ada di lingkup Kemendagri maupun BNPP harus menggunakan ID Card yang sama. Dengan Affinity Card, mereka bisa melakukan berbagai macam transaksi secara non tunai.

"Nanti seluruh Praja IPDN, PNS di lingkup Kemendagri dan BNPP harus menggunakan ID card yang sama," tutur Tjahjo. "Di samping itu, fungsinya bermacam-macam sebagai pembayaran non tunai. Mari kita manfaatkan sistem elektronik ini dalam kegiatan sehari-hari."

Sebelumnya, nota kesepahaman antara Mendagri sekaligus Kepala BNPP dengan BRI tersebut telah ditandatangani pada awal Maret lalu. Pemanfaatan teknologi informasi serta dilakukannya perjanjian kerja sama melalui MoU ini merupakan bentuk kolaborasi yang diharapkan mampu memberikan pelayanan perbankan yang optimal.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait