Targetkan 20 Juta Turis, Kemenpar Gandeng Grab Luncurkan GrabBajay Tarik Kunjungan Wisman
Nasional

Meski bagi sebagian orang bajaj dianggap sebagai kendaraan yang ketinggalan zaman, namun hal ini justru bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang.

WowKeren - Perusahaan penyedia layanan transportasi online Grab bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk meluncurkan GrabBajay. Layanan ini dibuat dalam rangka untuk mendorong program "Wonderful Indonesia". Melalui program ini, pemerintah menargetkan sebanyak 20 juta turis mancanegara datang ke Indonesia selama 2019.

Mungkin bagi sebagian orang ada yang beranggapan bahwa bajaj adalah kendaraan yang ketinggalan zaman. Namun tidak demikian halnya dengan President Grab Ridzki Kramadibrata. Dengan sentuhan teknologi, Ridzki yakin bahwa bajaj bisa disulap menjadi kendaraan yang justru bisa memberikan daya tarik tersendiri.


"Siapa bilang kendaraan roda tiga ketinggalan zaman?" kata Ridzki saat peluncuran GrabBajay di Jakarta Barat, Senin (24/6). "Dengan penggunaan teknologi, bajaj tidak akan ketinggalan jaman. Justru meningkatkan potensi fungsi menjadi atraksi wisata, bukan hanya transportasi."

Sebagai transportasi unik khas Jakarta, Ridzki yakin bajaj bisa menjangkau lebih banyak wisatawan mancanegara dengan bantuan teknologi Grab. "Dengan adanya teknologi ini. Bajaj menjadi kendaraan yang hype dan tidak kendaraan yang dianggap sudah ketinggalan jaman ini. Sekarang kita lihat yang itu turis yang foto dengan kendaraan unik khas Jakarta," jelas Ridzki.

Selain itu jika dilihat dari segi wisatawan sebagai konsumen, mereka bisa mendapatkan perkiraan harga yang pasti ketika akan memakai bajaj serta memastikan ketersediaan bajaj itu sendiri. Menurut Ridzki, nilai plus semacam inilah yang diinginkan oleh para turis.

"Saya sebutkan adalah kepastian," lanjut Ridzki. "Dengan digital bisa menangani soal visibilitas, terkait kepastian barang dan harga. Itu elemen yang disukai para turis."

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai para sopir bajaj bisa menjadi duta wisata bagi para turis mancanegara. Selain itu dilihat dari sisi pengemudi, layanan ini akan sangat menguntungkan.

"Saya harap ini akan permudah wisatawan dan tingkatkan pelayanan yang saya yakin juga tingkatkan pendapatan para pengemudi," kata Arief di kesempatan yang sama. "Wisatawan itu suka yang unik. Saya yakin GrabBajay akan jadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan ke Indonesia."

You can share this post!

Related Posts
Loading...