Kisruh Kajian Felix Siauw di Masjid Balkot DKI, Kepala BKD: Saya Tidak Tahu Dia Dukung HTI
Nasional

Sebelumnya sejumlah pihak mengkritik rencana Pemprov DKI Jakarta mengundang Ustaz Felix Siauw yang dinilai masih berkaitan dengan HTI dalam kajian bulanan di Masjid Fatahillah.

WowKeren - Nama Ustaz Felix Siauw tengah menjadi perbincangan publik Indonesia setelah kajiannya di Masjid Fatahillah Balai Kota DKI Jakarta dibatalkan. Pembatalan ini dikaitkan dengan kritikan keras yang disuarakan masyarakat serta ancaman pembubaran paksa oleh Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

Pembatalan itu lantas dikonfirmasi oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Chaidir. Alasannya adalah menunggu waktu yang lebih baik.

Namun walaupun demikian Chaidir mengaku tidak akan mengundang Ustaz Felix dalam kajian lainnya. "Ya enggaklah (mengundang Felix Siauw), kami nungguin dulu kepentingannya apa," tuturnya.

Tetapi ketika dikonfirmasi lebih lanjut, Chaidir menyebut tidak tahu-menahu soal dukungan Ustaz Felix terhadap Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Untuk diketahui, ormas ini telah dibubarkan pemerintah karena dinilai memiliki ideologi yang bertentangan dengan ideologi Indonesia. Chaidir mengaku hanya mengetahui Felix sebagai ustaz.

"Saya tidak tahu itu (keterlibatan HTI)," kata Chaidir, Rabu (26/6). "Yang penting kita tahunya dia ustaz, dan dia mau ngasih kultum (kuliah tujuh menit). Masa kita tolak, begitu."


"Saya nggak tahu (soal HTI). Saya tidak tahu. Hal itu saya tidak tahu. Setahu kita dia ustaz, titik," imbuhnya. "Kriteria punya kompetensi agama dan ingin mengisi kultum, kuliah tujuh menit pasca salat Zuhur. Tadi kan juga masalah kerohanian saja."

Sebelumnya rencana kajian di Masjid Fatahillah yang mengundang Ustaz Felix Siauw ini menjadi kontroversi. Beberapa masyarakat pun cenderung memprotes keras rencana ini.

Salah satu yang melayangkan kritikan pedas adalah GP Ansor. Mereka memprotes karena Ustaz Felix pernah menjadi bagian HTI. Dalam sebuah video yang dipublikasikan pada Mei 2018, Ustaz Felix mengakui bergabung dengan HTI sejak 2006.

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga ikut buka suara terkait kajian Ustaz Felix ini. Menurutnya setiap undangan yang telah dikeluarkan oleh Pemprov DKI harus dituntaskan, termasuk undangan kepada Ustaz Felix.

"Oh, cek sama panitia. Tapi intinya begini, kalau Pemprov undang, hargai undangan itu," tutur Anies. "Hargai saja. Kemudian, toh (itu) forum terbuka, semua bisa dengarkan, menyaksikan."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru