Tulus Dukung Jokowi, NasDem Pastikan Tak Patok Jatah Kursi Menteri
Nasional

NasDem menilai pihaknya memiliki ide serta visi-misi yang sama dengan Jokowi sehingga nyaman bergabung dalam pendukung Jokowi. Kenyamanan inilah yang akhirnya berbuah ketulusan mendukung.

WowKeren - Politik Indonesia saat ini sudah tak lagi berkutat pada 01 dan 02, tetapi sudah pada perebutan jatah kursi menteri. Partai-partai yang membentuk Koalisi Indonesia Kerja (KIK) dengan Joko Widodo dan KH. Ma'ruf Amin berbondong-bondong mengajukan jatah kursi harapan mereka.

Fenomena ini pun ditanggapi oleh Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh. Surya menegaskan bahwa partainya mendukung Jokowi tanpa syarat. Ia pun menilai tak etis apabila menyodorkan nama-nama sebagai calon menteri atau mematok jatah kursi menteri ke presiden.

"Malu rasanya hati saya sebagai ketua umum partai, bicarakan NasDem, dapat kursi berapa, kursinya porsinya apa. Itu merendahkan saya dan NasDem itu sendiri," kata Surya dalam sebuah wawancara eksklusif di "Metro TV", Rabu (10/7). "Izinkan saya mengatakan itu (politik etis) sesungguhnya prinsip dasar yang harus kita pegang."

Ia menganggap membentuk koalisi merupakan perkumpulan beberapa partai dengan satu kesamaan ide untuk mendukung Pasangan Calon (Paslon) tertentu. Namun miris rasanya bila koalisi itu lantas ditafsirkan dengan bagi-bagi kursi dan jatah menteri di kabinet. Pasalnya, menurut Surya, ada ranah hak prerogatif presiden yang semestinya tak bisa diintervensi partai politik.


"Pada komitmen semula tetap pada prinsip-prinsip dasar. Semua kita serahkan kepada presiden yang memiliki hak prerogatif," katanya, dilansir dari Medcom. "NasDem boleh dipakai boleh juga tidak."

Dukungan NasDem kepada Jokowi, ujar Surya, didasarkan pada ketulusan dan kesadaran akan kepentingan bangsa dan negara. Selain itu juga atas dasar akal sehat dan hati nurani.

"Untuk apa kita mendukung kalau itu bertentangan dengan akal sehat kita?" tuturnya. "Kita dukung Presiden Jokowi sama dengan periode pertama dan kedua karena akal sehat kita. Batiniyah nurani kita ada di sana."

Dukungan semacam ini, menurut Surya, dapat menumbuhkan ikatan emosional. Oleh karena itu NasDem selalu konsisten dan total memberikan dukungan kepada Jokowi dengan rasa saling menghormati dan menghargai.

Prinsipnya, terang Surya, ikatan yang telah terjalin erat antara partainya dan Jokowi karena satu ide dan gagasan. Hal ini membuat NasDem nyaman berada di barisan pendukung Jokowi.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru