Pernyataannya Timbulkan Polemik, Mendagri: Saya Tidak Singgung Anies Baswedan
Nasional

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sempat mencontohkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang kerap dinas ke luar negeri saat berbicara soal izin kunjungan kerja.

WowKeren - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sempat menuai polemik usai mengeluarkan pernyataan yang seakan menyindir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pernyataan tersebut disampaikan kala Tjahjo berbicara soal kepala daerah yang kerap pergi ke luar negeri tanpa mengajukan izin.

Pada Senin (22/7) malam usai polemik timbul, Tjahjo pun merilis keterangan pers. Dalam keterangannya, Tjahjo menegaskan bahwa kunjungan kerja Anies ke luar negeri sudah terang dan mendapat izin. "Dan bulan ini Pak Anies Baswedan baru satu kali keluar negeri," tutur Tjahjo dilansir CNBC Indonesia.

Selain itu, Tjahjo juga menjelaskan bahwa para kepala daerah atau wakil kepala daerah yang pergi ke luar negeri tanpa izin bisa dicek di imigrasi. Menurut Tjahjo, pengecekan langsung di imigrasi bisa menghindari timbulnya spekulasi. Tjahjo pun lantas menegaskan bahwa dirinya tidak menyinggung Anies sang Gubernur DKI.

"Saya tidak singgung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, malah saya sebut kunjungan kerjanya sudah ada izin," jelas Tjahjo. "Hal ini saya tegaskan untuk tidak dipelintir pernyataan saya dan ini saya luruskan."


Sebelumnya, Tjahjo sempat mencontohkan Anies yang kerap dinas ke luar negeri. Untuk kasus Anies, Tjahjo tidak menyinggung soal izin namun kosongnya kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Sebagai contoh Pak Anies, ya. Dia enggak ada wakil, tapi satu tahun berapa kali dia, hampir sebulan dua-tiga kali," ujar Tjahjo. "Ada, lho, gubernur hampir tiap minggu izin ke luar negeri, ada."

Pernyataan Tjahjo tersebut sudah ditanggapi langsung oleh Anies. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut menantang Tjahjo untuk membuka daftar pejabat yang ke luar negeri.

"Buat saya, nih, dibuat transparan. Bagus kalau ada aturannya, diumumkan saja," tutur Anies di Jakarta Pusat pada Senin (22/7). "Gubernur siapa, pergi ke mana, berapa lama, urusan apa."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait