Momen Idul Adha, Marinir Indonesia Kenalkan Tradisi Tahunan ke Tentara Amerika
Nasional

Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah nampaknya menjadi momen yang berarti untuk Marinir TNI AL. Pasalnya momen tersebut digunakan untuk mengenalkan tradisi tahunan yang biasa dilakukan pada hari raya kurban kepada Tentara Amerika.

WowKeren - Momentum Idul Adha nampaknya dimanfaatkan oleh Marinir TNI AL yang tengah mengikuti Latihan Bersama (Latma) Platoon Exchange (Platex) 2019 untuk bersantai sejenak. Bahkan sepertinya kesempatan ini dimanfaatkan oleh TNI AL untuk mengenalkan tradisi tahunan Idul Adha kepada Marinir Amerika Serikat (USMC).

Pasukan asal Negeri Paman Sam itu pun turut menikmati Perayaan Hari Raya Kurban tersebut di Puslatpur Marinir 5 Baluran, Kecamatan Banyuputih, Situbondo.

Seperti tradisi Idul Adha pada tahun sebelumnya, kegiatan pagi diawali dengan melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Jabal Aqsha Puslatpurmar 5 Baluran. Seusai salat, Marinir TNI AL melakukan penyembelihan beberapa hewan kurban.

Sebagian hewan kurban yang disembelih akan dimasak menjadi makanan khas Indonesia seperti sate dan juga gulai kambing. Setelah rampung, Marinir TNI AL akan menggelar makan siang bersama dengan USMC. Marinir Amerika terlihat begitu antusias ketika menikmati sate dan gulai kambing yang dihidangkan.


Pengenalan tradisi perayaan hari raya Idul Adha oleh Marinir TNI AL ini disaksikan oleh Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo yang merupakan Komandan Satgas Latma Platex 2019. Tak hanya itu, turut hadir pula Perwira Interpreter Mayor Marinir Anton Waris Kuncoro, Pasi ps Yonif 3 Mar Mayor Marinir Iskandar Muda Tanjung, dan para Marinir Amerika.

Eko Budi Prasetyo mengungkapkan jika kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mempererat kebersamaan Marinir dari kedua Negara. "Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mempererat kebersamaan Marinir kedua Negara. Khususnya yang tergabung dalam Latma Platex 2019," kata Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo saat diwawancarai Minggu (11/8) petang.

Selain untuk mempererat kebersamaan antara tentara Indonesia dan Amerika, kegiatan ini juga sekaligus mengenalkan kearifan lokal berupa perayaan Idul Adha kepada Marinir Amerika.

Eko Budi juga menambahkan jika kegiatan makan bersama yang dilakukan oleh seluruh prajurit yang tergabung dalam Latma Platex 2019 merupakan bukti persaudaraan marinir (Marine Brotherhood). "Dengan begitu diharapkan seluruh prajurit semakin akrab sehingga dapat melaksanakan latihan dengan aman dan lancar," pungkas Komandan Satgas Latma Platex 2019 itu.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait