GMKI Laporkan Ustaz Abdul Somad ke Bareskrim Polri Atas Dugaan Penistaan Agama
Twitter/SonoraFM92
Nasional

Setelah video ceramahnya yang mengaitkan salib dan jin viral di sosial media. Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) melaporkan Ustaz Abdul Somad ke Bareskrim Polri atas Dugaan Penistaan Agama.

WowKeren - Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) melaporkan Ustaz Abdul Somad (UAS) ke Bareskrim Polri dengan dugaan penistaan agama pada Senin (19/8). Laporan tersebut diajukan terkait video ceramah Ustaz Abdul Somad yang viral di media sosial selama sepekan terakhir.

Laporan tersebut diterima oleh pihak kepolisian dengan nomor LP/B/0725/VIII/2019/Bareskrim yang tertanggal 19 Agustus 2019. "Kedatangan kami ke Bareskrim dalam rangka untuk melaporkan video yang beredar terkait dengan statement Ustaz Abdul Somad menyangkut dengan menyebut simbol agama tertentu," kata Ketua Umum Pengurus Pusat GMKI Korneles Galanjinjinay saat ditemui di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin (19/8).

Menurut Korneles, pernyataan Ustaz Abdul Somad yang mengaitkan salib dengan jin kafir tersebut dianggap dapat mengganggu ketenangan masyarakat. Hal itulah yang menjadi alasan GMKI untuk melaporkan UAS ke pihak kepolisian.


"Yang kami perjuangkan adalah kepentingan bangsa dan negara, ini kepentingan yang lebih besar," ucap Korneles. "Bukan kemudian kehadiran kami untuk membela agama tertentu, tapi ini benar-benar murni untuk ketenangan dan ketertiban masyarakat. Sehingga di tengah adanya video ini masyarakat tidak gaduh."

Korneles juga berharap jika kasus tersebut dapat segera ditangani oleh pihak kepolisian. Ia menambahkan jika dirinya akan membuka peluang untuk bertemu atau menyelesaikan masalah ini dengan berdamai. Namun untuk proses hukum, ia mengatakan akan terus berjalan seperti semestinya agar menimbulkan efek jera bagi Ustaz Somad dan pihak lainnya.

Dalam laporannya, Ustaz Somad diduga telah melanggar Pasal 156A KUHP. Korneles sendiri telah menyertakan sejumlah bukti termasuk video ceramah yang sempat viral tersebut.

Sebelumnya, telah beredar video klarifikasi dari Abdul Somad mengenai pernyataannya tentang salib tersebut. Menurutnya video tersebut berdasarkan ceramah yang sudah disampaikannya 3 tahun yang lalu. Dan tidak ada maksud untuk merusak hubungan antar umat beragama di Tanah Air.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru