Tiket Kereta Api Lokal Harus Dibeli Via Aplikasi Mulai Keberangkatan 1 September 2019
Nasional

Meski demikian, apabila tetap ingin membeli tiket di stasiun, maka penjualan hanya akan dibuka mulai 3 jam sebelum keberangkatan kereta (Go-Show), itupun jika masih ada tiket yang tersedia.

WowKeren - PT Kereta Api Indonesia (KAI) kini memberlakukan kebijakan baru terkait pembelian tiket. Semua pembelian tiket KA lokal mulai keberangkatan 1 September 2019 harus dilakukan lewat aplikasi KAI Access.

"PT Kereta Api Indonesia memberlakukan kebijakan baru perihal pelayanan reservasi tiket KA Lokal," jelas Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiantoro, dilansir detikcom pada Senin (26/8). "Mulai keberangkatan 1 September 2019, pelayanan reservasi tiket KA Lokal hanya dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access."

Meski demikian, apabila tetap ingin membeli tiket di stasiun, maka penjualan hanya dibuka mulai 3 jam sebelum keberangkatan kereta (Go-Show). Sedangkan untuk pelayanan reservasi KA Lokal melalui KAI Access, tutur Krisbiantoro, dapat dilakukan mulai H-7 dan H-30 hingga 5 menit sebelum jadwal keberangkatan.

"Untuk melakukan reservasi tiket KA Lokal via KAI Access, calon penumpang harus meng-update aplikasi KAI Accessnya menjadi versi terbaru," terang Krisbiantoro. "Penjualan tiket KA Lokal di loket stasiun hanya berlaku untuk pembelian secara Go-Show, mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan, apabila tempat duduk masih tersedia."


Sementara itu, calon penumpang bisa membeli tiket KA lewat aplikasi smartphone itu dengan masuk ke menu Local Train. Setelah itu, calon penumpang tinggal memilih stasiun keberangkatan dan tujuan, serta jadwal keberangkatan KA. Untuk pembayaran tiket, calon penumpang tinggal memilih dari opsi yang tersedia, mulai dari ATM hingga mini market.

"Nantinya penumpang yang telah membeli tiket KA Lokal via KAI Access, tidak perlu lagi mencetak boarding pass di stasiun," ujar Krisbiantoro. "Melainkan cukup menunjukkan E-Boarding Pass yang ada di aplikasi KAI Access disertai kartu identitas asli saat boarding."

Di Daop IV Semarang sendiri terdapat 2 kereta api yang termasuk KA lokal, yakni KA Kalijaga dan KA Kedung Sepur. KA Kalijaga sudah bisa dibeli tiketnya mulai H-30 dengan harga Rp 10 ribu, sedangkan KA Kedung Sepur bisa dibeli tiketnya mulai H-7 dengan harga yang sama.

"Dengan reservasi tiket KA Lokal via KAI Access, calon penumpang dapat memesan tiket dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu ke stasiun," pungkasnya. "Dapat merencanakan perjalanan jauh-jauh hari, serta mendapatkan kepastian tiket tanpa perlu antre di stasiun."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru