Jalan Tol Pertama di Ibu Kota Baru Rampung Oktober 2019
Youtube
Nasional

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang melintasi calon ibu kota negara akan selesai pada Oktober 2019. Hal ini diungkapkan setelah melihat proses pembangunan yang sudah mencapai 97 persen pada awal September 2019.

WowKeren - Keputusan untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur sudah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sejak bulan Agustus lalu. Diketahui Presiden telah mempersiapkan pembangunan untuk ibu kota baru tersebut.

Salah satunya fasilitas yang dibangun adalah jalan tol. PT Jasa Marga (Persero) menyatakan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang akan melintasi Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara atau calon ibu kota negara baru ditargetkan selesai dibangun Oktober tahun ini.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan jika target tersebut ditetapkan setelah melihat perkembangan pembangunan jalan tol yang hingga awal September sudah mencapai 97 persen.

"Saat ini perkembangan konstruksi seluruhnya telah mencapai 97%. Kami optimis untuk Seksi II hingga Seksi IV Palaran dapat dioperasikan secara fungsional akhir Oktober ini," jelas Danang di Jakarta, Minggu (8/9). "Sementara itu, Seksi V dan I yang merupakan dukungan konstruksi Pemerintah masih ada beberapa yang harus dikejar dan ditargetkan beroperasi pada akhir tahun 2019."


Jalan Tol Balikpapan-Samarinda ini memiliki total panjang 99,35 kilometer. Dengan terdiri dari 5 seksi, di mana Seksi I Ruas Balikpapan (13 km) - Samboja (22,025 Km), Seksi II Ruas Samboja - Muara Jawa (30,9 km).

Lalu Seksi III Muara Jawa - Palaran (17,3 km), Seksi IV Palaran - Samarinda (17,5 km), dan Seksi V Ruas Balikpapan (13 km) - Sepinggan (11,5 km).

Jalan tol ini sendiri merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) pemerintah dengan investasi sebesar Rp 9,97 triliun. Dalam pembangunan tol ini, pemerintah telah memberikan dukungan konstruksi di Seksi V dan Seksi I dengan total panjang 33,115 Km.

Dukungan tersebut ditujukan untuk meningkatkan kelayakan finansial ruas tol tersebut. Sementara untuk Seksi II hingga IV sepanjang 66,235 Km dibangun dengan dana dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yaitu PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS). Danang berharap dengan adanya jalan tol tersebut bisa mendukung penuh rencana pemindahan ibu kota negara yang sudah direncanakan oleh Presiden Jokowi.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru