Klarifikasi Pemadam Kebakaran Soal Ular Raksasa yang Terbakar di Hutan Kalimantan
Nasional
Darurat Kabut Asap Kalimantan

Baru-baru ini media sosial telah dihebohkan dengan penemuan bangkai ular raksasa yang terpanggang di hutan Kalimantan. Terkait viralnya foto ular tersebut, pemadam kebakaran yang bertugas di lapangan memberikan klarifikasi berikut.

WowKeren - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Kalimantan dan Sulawesi mengancam kehidupan satwa liar. Bahkan menurut berita terakhir, sejumlah ular di Kalimantan mati terpanggang saat tengah menyelamatkan diri dari kobaran api.

Berita terkait terpanggangnya ular saat terjadi kebakaran hutan tersebut akhirnya berkembang dan menjadi viral di sosial media. Salah satunya seperti yang diunggah oleh akun Twitter @rhajayawangi.


Pada akun tersebut menyebutkan jika ular berukuran raksasa, yang memiliki besar seperti yang ada di dalam film menjadi korban dari kebakaran hutan tersebut. Tak cukup sampai di situ, bahkan ada unggahan yang menyebutkan jika jenis ular raksasa tersebut adalah ular Anaconda.

Sayangnya, informasi yang tengah viral di media sosial itu buru-buru ditepis oleh petugas pemadam kebakaran yang ikut menemukan bangkai ular-ular tersebut.

"Tidak benar, yang kami temukan cuma ular sanca kembang saja," kata Rihel yang menjadi petugas pemadam kebakaran Sampit, Kalimantan Tengah, Senin (16/9). Rihel juga menjelaskan jika di Kalimantan tak pernah ditemukan ular sebesar Anaconda yang berukuran raksasa.

"Yang paling panjang yang pernah ditemukan di daerah pedalaman Kalimantan berukuran 11-15 meter," jelas Rihel. "Jarang keluar di daerah pinggir kota, hanya di hutan pedalaman. Itu juga jenisnya masih sanca kembang."

Hingga saat ini, belum ditemukan lagi ular yang memiliki panjang ukuran seperti itu. Menurut Rihel, ular sanca berukuran 11-15 meter tersebut berhasil ditemukan terakhir kali pada tahun 2010.

"Terakhir kali ditemukan 2010. Enggak pernah ditemukan lagi sampai sekarang," jelasnya. "Dan daerah hutan pedalaman, untuk saat ini belum terkena kebakaran hutan karena berada di daerah mineral, bukan gambut."

Rihel juga menambahkan jika di Kalimantan tak ada jenis ular seperti Anaconda. Yang ada hanyalah jenis sanca kembang yang memiliki ukuran bervariasi. "Enggak ada Anaconda di sini, itu cuma di luar negeri," pungkas Rihel.

Sebelumnya, telah diberitakan banyak ular yang mati terpanggang saat terjadi karhutla di hutan Sampit, Kalimantan Tengah. Mereka mati terpanggang saat berusaha melarikan diri dari si jago merah yang merusak habitat tempat tinggalnya.

You can share this post!

Related Posts
Loading...