Kepala BMKG Akui Sulit Buat Hujan Buatan Guna Atasi Karhutla Riau
Nasional

Kepala BMKG mengaku masih kesusahan untuk mengatasi karhutla yang terjadi di Riau. Bahkan solusi dengan membuat hujan buatan pun masih belum efektif mematikan api di sejumlah wilayah.

WowKeren - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang melanda di sejumlah wilayah di Indonesia merupakan masalah yang sulit ditangani hingga saat ini. Bahkan Kepala Badan Metodologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati pun mengaku kesulitan menangani kasus karhutla yang terjadi di Riau.

Menurut Dwikorita, upaya rekayasa bibit-bibit awan untuk menjadi hujan buatan di wilayah Riau tersebut hingga kini masih sulit untuk dilakukan. “Langkah hujan buatan sudah diupayakan sejak Juli lalu. Namun selama dua bulan ini kondisi perawanan di Indonesia bersih hampir tidak ada awan,” ujar Dwikorta, Minggu (15/9).

Kepala BMKG itu menjelaskan bahwa dalam menangani karhutla yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, BMKG telah menyiapkan strategi hujan buatan dengan menggandeng BPPT, BNPB, dan TNI AU. Namun dari upaya hujan buatan tersebut, Dwikorita mengaku telah berhasil melakukan pemadaman di beberapa wilayah.


Sayangnya, untuk saat ini upaya pemadaman karhutla hasilnya masih belum optimal. “BMKG terus memberikan advise kapan dan di mana bibit awan bisa mulai disemai,” ujarnya.

Hingga Senin (16/9) kabut asap masih menyelimuti kota Pekanbaru, Riau. Kualitas udara berdasarkan pengukuran PM10 berkisar 182-201 ugram per meter persegi atau tidak sehat.

Sementara itu, Plt Kepala Pusat Data dan Humas BNPB, Agus Wibowo mengatakan jika jarak pandang di Riau hingga hari ini hanya sejauh 2,2 kilometer. Diketahui sejumlah titik api telah berhasil dipadamkan pada Sabtu (14/9) sehingga kabut asap mulai berkurang. "Pemadaman titik api berlanjut hari ini,” kata Agus.

Sebelumnya, kabut asap yang menyelimuti Riau telah memakan korban yakni seorang ibu-ibu yang nyaris pingsan dari atas motornya karena mengalami sesak napas. Tak hanya itu, kabut asap tersebut juga membuat warganet berbondong-bondong untuk menyuarakan keprihatinannya lewat tagar #RiauDibakarBukanTerbakar hingga menjadi trending topic Indonesia.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait