Bikin Infeksi Hingga Kerusakan Otak, Intip 7 Bahaya Terlalu Sering Pakai Headset Untuk Kesehatan!
Health

Menggunakan headset memang sangat praktis. Kalian jadi bisa mendengarkan musik di mana saja dan kapan saja. Namun di balik kepraktisannya, headset ternyata menyimpan banyak dampak negatif jika terlalu sering digunakan.

WowKeren - Mendengarkan musik memang merupakan hobi banyak orang. Selain bisa menaikkan mood, mendengarkan musik juga diketahui memiliki beberapa manfaat. Namun kalian tentu tak bisa mendengarkan musik dengan suara keras di sembarang tempat. Alhasil, penggunaan headset menjadi alternatifnya.

Menggunakan headset memang sangat praktis. Kalian jadi bisa mendengarkan musik di mana saja dan kapan saja tanpa mengganggu orang di sekitar. Selain itu, saat menggunakan headset kalian juga bisa menerima telepon tanpa perlu menempelkan telepon ke telinga. Namun di balik kepraktisannya, headset ternyata menyimpan banyak dampak negatif jika terlalu sering digunakan. Intip juga yuk dampak buruk gadget bagi kesehatan di sini.


Beberapa dampak buruk ini banyak yang menyerang kesehatan terutama bagian telinga. Mau tahu apa saja? berikut tim WowKeren rangkum 7 bahaya penggunaan headset bagi kesehatan. Mengetahui bahaya headset ini juga berguna agar kalian dapat secara cepat mengambil tindakan, pencegahan dan pengobatan jika kesehatan sudah mulai terganggu. Yuk disimak!

1. Terlalu Sering Menggunakan Headset Bisa Membuat Telinga Jadi Kelelahan


Terlalu Sering Menggunakan Headset Bisa Membuat Telinga Jadi Kelelahan

Enggak hanya badan, telinga juga bisa lelah juga loh. Kelelahan pada telinga merupakan kondisi dimana telinga terlalu banyak menerima stimulus dari suara secara bersamaan dan terus menerus. Kelelahan pada telinga dapat menyebabkan sistem pendengaranmu menjadi tidak nyaman dan terasa sulit dalam menangkap gelombang suara.

Oleh karena itu, menggunakan headset terlalu lama tidak baik untuk kesehatan. Meskipun akan memberikan suara atau audio yang baik, tetapi kebiasaan ini akan meningkatkan kemungkinan gangguan pendengaran. Kalian disarankan untuk mengistirahatkan telinga sejenak di setiap jamnya untuk membantunya pulih dari gelombang suara yang dihasilkan oleh headset.

2. Awas Kelamaan Menggunakan Headset Bisa Membuat Infeksi Telinga


Awas Kelamaan Menggunakan Headset Bisa Membuat Infeksi Telinga

Resiko yang terkait dengan penggunaan headset lebih banyak terjadi karena perawatan headset yang kurang. Salah satunya resikonya adalah infeksi telinga. Infeksi telinga kemungkinan terjadi di antara karyawan yang menggunakan headset di pusat panggilan (customer service) yang sibuk di mana karyawan mengenakan peralatan headset selama berjam-jam di hari kerja jika tidak dirawat dengan benar.

Selain itu, infeksi telinga juga diakibatkan oleh kebersihan headset yang tidak terjaga. Misalnya, bantalan telinga headset harus diganti setiap enam bulan dan dirawat setiap hari dengan pembersih untuk mengurangi risiko penyebaran bakteri di antara pekerja. Jika kalian punya headset rajinlah membersihkan milik kalian dengan alkohol dan jangan dipinjamkan kepada orang lain.

3. Mengurangi Sensifitas Pendengaran Juga Jadi Salah Satu Dampaknya


Mengurangi Sensifitas Pendengaran Juga Jadi Salah Satu Dampaknya

Paparan musik dengan earphone atau headset juga dapat memengaruhi ambang pendengaran manusia, terutama bila kalian mendengarkan musik dengan volume keras dan dalam jangka waktu lama. Secara perlahan efek ini akan mengarah pada gangguan pendengaran secara permanen. Oleh karena itu, kalian harus menggunakan earphone atau headset ini sesuai kebutuhan saja.

Batasan tingkat suara ringan untuk dewasa berada antara 25 hingga 40 desibel, sedangkan anak-anak 20 hingga 40 desibel. Bertingkat semakin tinggi hingga suara terberat berkualitas 90 desibel atau lebih yang masih dapat didengar. Sejumlah peneliti menganjurkan semua perangkat suara yang menggunakan headset atau earphone untuk tidak melebihi batas 100 desibel.

4. Tak Hanya Pendengaran, Memakai Headset Terlalu Lama Juga Bisa Buat Cedera Vokal


Tak Hanya Pendengaran, Memakai Headset Terlalu Lama Juga Bisa Buat Cedera Vokal

Tak hanya mempengaruhi organ pendengaran, headset juga memiliki dampak buruk bagi vokal kalian. Penggunaan headset yang tidak benar dapat menyebabkan ketegangan vokal, terutama jika orang yang menggunakan headset berbicara sepanjang hari kerja. Maka dari itu apabila headset memiliki mikrofon yang dapat disesuaikan, pastikan diposisikan sedemikian rupa.

Sehingga kalian dapat menangkap sinyal yang jelas dari suara dan tidak tak perlu bersusah payah berbicara bahkan hingga berteriak. Berbicaralah dengan tenang dan santai sepanjang hari membantu mencegah cedera vokal. Sedangkan jika headset hanya memiliki lubang suara dengan mikrofon yang terpasang, pastikan tingkat input dinaikkan cukup tinggi agar kalian tidak perlu memaksakan suara tinggi.

5. Hati-hati Terkena Paparan Radiasi Saat Menggunakan Headset


Hati-hati Terkena Paparan Radiasi Saat Menggunakan Headset

Radiasi dari headset sudah lama menjadi objek penelitian, terutama pada penggunaan headset Bluetooth. Dalam penggunaannya, jumlah radiasi yang dikeluarkan dari alat semacam ini sebenarnya ada di bawah standar berbahaya. Meski demikian, penelitian masih terus dilakukan untuk benar-benar memastikan seberapa bahaya radiasi dari headset.

Penggunaan headset Bluetooth sendiri sejauh ini justru mengurangi level radiasi langsung dari ponsel yang ditempelkan di telinga. Dampak radiasi dari penggunaan ponsel dan headset ini salah satunya bisa menyebabkan bahaya jangka panjang seperti kanker. Selain itu hal ini dikaitkan juga dengan autisme, tumor otak hingga kerontokan rambut.

6. Waspadai Memakai Headset Berlebihan Mampu Menyebabkan Kerusakan Otak


Waspadai Memakai Headset Berlebihan Mampu Menyebabkan Kerusakan Otak

Meski jarang terjadi, gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh headset dapat menyebabkan dampak yang serius terhadap otak. Walaupun belum terdapat bukti medis yang kuat untuk hal tersebut, tapi kebanyakan pengguna headset ditemukan cenderung memiliki masalah pada otak.

Hal ini karena bagian dalam telinga langsung terhubung dengan otak. Sedikit saja infeksi terjadi pada bagian dalam telinga dapat langsung memengaruhi otak. Selain itu, bakteri yang masuk ke dalam telinga sedikit atau tidak memiliki pengaruh pada kesehatan otak kita.

7. Dampak Paling Buruk Penggunaan Headset Berlebihan Adalah Kerusakan Permanen Telinga


Dampak Paling Buruk Penggunaan Headset Berlebihan Adalah Kerusakan Permanen Telinga

Penggunaan headset yang terlalu sering ini biasanya banyak ditemui pada mereka yang masih muda atau remaja. Maka risiko munculnya gangguan pada telinga sangatlah besar. Hal ini mungkin saja terjadi dikarenakan telinga sudah tidak kuat lagi menanggung beban suara keras yang dihasilkan melalui headset.

Paparan suara berulang menyebabkan kerusakan telinga bagian dalam, yang pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan masalah kesehatan terkait pendengaran lainnya. Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksakan dan mengatur level volume headset sebelum mengenakannya. Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan headset dengan volume yang tinggi.

You can share this post!

Related Posts
Loading...