Pengamat Sebut Rizieq Shihab Harus Berjuang Sendiri Tanpa Bantuan Menhan Prabowo
Nasional

Pengamat menyebutkan Rizieq Shihab harus berjuang sendiri menyelesaikan kasusnya sendiri tanpa bantuan Prabowo yang kini sudah menjadi Menteri Pertahanan.

WowKeren - Keputusan Joko Widodo untuk mengangkat Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju dinilai membuat nasib Rizieq Shihab semakin tidak jelas. Pengamat menilai jika pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tidak bisa mengandalkan bantuan Prabowo dalam menyelesaikan kasusnya.

Sebagaimana diketahui, Rizieq Shihab merupakan pendukung Prabowo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu. Rizieq diketahui pergi ke Arab Saudi sejak 2017 setelah pihak kepolisian menjeratnya dengan sejumlah kasus hukum dan tidak kembali hingga saat ini.

Peristiwa ini lantas membuat pengikut Rizieq tentunya memegang harapan kepada Prabowo selalu capres yang didukung pada Pilpres 2019 lalu untuk membantu memulangkan ulama tersebut ke Indonesia. Namun posisi Prabowo sebagai Menhan saat ini dinilai semakin sulit untuk melakukan upaya pemulangan Rizieq.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno mengatakan jika Prabowo saat ini tidak bisa mengambil keputusan politik sendiri karena telah bergabung dengan pemerintah. Menurut Adi, bergabungnya Prabowo dan Partai Gerindra ke lingkaran Istana menunjukkan bahwa saat ini Rizieq mesti memperjuangkan nasibnya seorang diri.


"Tapi ketika Gerindra, Prabowo sudah menjadi bagian pemerintah agak susah," jelas Adi seperti dilansir dari CNNIndonesia, Kamis (31/10). "Karena bagaimanapun Prabowo tidak bisa menentukan apapun, karena posisnya sebagai Menhan rentan dicap conflict of interest."

Adi menjelaskan jika setiap keputusan yang akan diambil Prabowo saat ini sangat bergantung pada keputusan pemerintah maupun presiden. Akibatnya, situasi yang menimpa Rizieq menjadi semakin rumit.

"Jadi memang lebih kompleks sekarang, itu yang saya bilang tidak ada harapan apapun atau Rizieq tidak bisa berharap pada siapapun untuk kepulangannya," kata Rizieq. "Ya memperjuangkan diri sendiri."

Prabowo sendiri pada Pilpres 2019 dulu pernah sesumbar menjanjikan akan menjemput secara langsung Rizieq Shihab dan mengembalikannya ke Indonesia jika terpilih sebagai presiden. Namun Prabowo kemudian kalah di Pilpres 2019.

"Dalam ijtimak yang ke-2 saya sudah mengatakan begitu saya menang saya akan mengembalikan Habib Rizieq Shihab kembali," kata Prabowo pada Februari 2019 lalu. "Saya akan kirim pesawat saya sendiri untuk menjemput beliau."

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait