Viral, Pria Ini Jual Tiket Masuk Surga Rp 10 Ribu Hingga Mengaku Rasul Ke Pengikutnya
Nasional

Seorang pria bernama Puang Lalang menyebarkan aliran sesat. Ia mengaku sebagai Rasul hingga menjual tiket masuk surga mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 50.000 ke pengikutnya.

WowKeren - Tahun 2016 lalu, masyarakat sempat dihebohkan dengan kemunculan sosok orang mengaku nabi di Karawang, Jawa Barat. Tak hanya itu, ia pun menjual tiket masuk surga dengan harga Rp 2 juta kepada para pengikutnya.

Kini, penyebaran aliran sesat tersebut kembali terulang di Gowa, Sulawesi Selatan. Diketahui bahwa seorang pria bernama Puang Lalang mengaku sebagai Rasul. Alirannya itu dinamai Tarekat Tajul Khalwatiyah Syekh Yusuf. Puang Lalang bahkan mengklaim bahwa ia dapat memperpanjang umur pengikutnya hingga 15 tahun.

Tak cukup di situ, Puang pun menjual tiket masuk surga mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 50.000. Pengikut ajaran ini juga diwajibkan membayar zakat badan berdasarkan berat badan masing-masing dimana 1 kg berat badan dikenai zakat sebesar Rp 5.000. Selain itu, ada juga zakat maal atau harta senilai 2,5 persen dari penghasilan pengikut.


Dana yang terkumpul dari zakat dan hasil penjualan tiket itu rupanya dikelola sendiri oleh Puang Lalang atau yang dipanggil dengan sebutan mahaguru. Atas perbuatannya itu, ia ditangkap anggota Polres Gowa, Sulawesi Selatan, karena menyebarkan aliran sesat.

Menurut polisi, Puang melakukan beberapa modus untuk melancarkan aksinya itu. "Modus pelaku menyebarkan aliran sesat dan menyesatkan dengan cara melakukan baiat, mendoktrin pengikutnya, lalu menjanjikan keselamatan dunia dan akhirat," kata Shinto di Mapolres Gowa, Sungguminasa, Kabupaten Gowa pada Senin (4/11).

Atas perbuatannya itu, polisi menjerat tersangka menggunakan pasal berlapis, mulai dari Pasal 156 a KUHP dan atau Pasal 378 KUHP. Kemudian Pasal 372 KUHP dan atau Pasal 3,4,dan 5 UU Nomor 8 Tahun 2010 dan atau UU Nomor 22 Tahun 1946. Tak hanya itu, ia juga diancam hukuman mulai dari 5 hingga 20 tahun penjara.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts