MenPAN-RB Ungkap Passing Grade CPNS 2019 Diturunkan, Ini Alasannya
Nasional

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo juga mengungkap bahwa seleksi CPNS 2019 telah ditambah dengan tes terkait radikalisme.

WowKeren - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah resmi dibuka pada Senin (11/11) kemarin. Nilai ambang batas alias passing grade seleksi CPNS 2019 juga telah resmi diumumkan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB) Nomor 24 Tahun 2019, terdapat 3 tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada CPNS 2019. Passing grade untuk formasi umum pada ketiga tahap tersebut adalah 126 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU), serta 65 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Nilai kumulatif SKD CPNS 2019 sendiri berjumlah 271.

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo lantas menyatakan bahwa passing grade seleksi CPNS 2019 tersebut telah diturunkan dari tahun sebelumnya. Pasalnya, passing grade seleksi CPNS tahun lalu dinilai terlalu tinggi hingga membuat banyak pelamar tidak lolos.

"Kalau tidak (diturunkan), kemarin tuh sampai ada beberapa kabupaten/kota enggak ada yang lulus," terang Tjahjo di kantor Wakil Presiden pada hari ini (12/11). " Kan kasihan juga, kami butuh pegawai tapi dari hasil tes itu soalnya ketinggian."


Tak hanya menurunkan passing grade, Tjahjo juga mengungkap bahwa seleksi CPNS 2019 juga telah ditambah dengan tes terkait radikalisme. "Jadi ada soal wawasan kebangsaan, Pancasila, dan ancaman secara umum tentang radikalisme," ungkap Tjahjo.

Oleh sebab itu, Tjahjo memastikan bahwa sistem di situs web pendaftaran CPNS akan terus di-update. Berbagai keluhan juga sempat muncul di media sosial terkait situs web CPNS yang susah diakses sejak pendaftaran dibuka kemarin malam.

"Kami tiap hari update, memang sekarang ini banyak yang baru lihat-lihat pilih yang mana," pungkas Tjahjo. "Tapi akan terus di-update karena itu kewenangan BKN (Badan Kepegawaian Negara)."

Sementara itu, pendaftaran seleksi CPNS 2019 akan berakhir pada 24 November mendatang. Berdasarkan data BKN, tercatat sudah ada 846 orang yang mengunduh formulir pendaftaran CPNS 2019 per hari ini (12/11).

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru