Peran Berantas Narkoba Dipertanyakan, DPR Minta BNN Bubar
Nasional

Sebab, dengan sarana-prasarana bernilai triliunan yang dimiliki, seharusnya Badan Narkotika Nasional mampu mendeteksi dan memberantas narkoba lebih baik lagi.

WowKeren - Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu meminta agar Badan Narkotika Nasional (BNN) dibubarkan saja. Hal itu disampaikan olehnya dalam rapat kerja Komisi III dengan BNN di gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/11).

Masinton menilai jika badan negara tersebut tak kunjung memberikan hasil signifikan dalam memberantas narkoba maka lebih baik dibubarkan saja. Sebab, dengan sarana-prasarana bernilai triliunan yang dimiliki, seharusnya BNN mampu mendeteksi dan memberantas narkoba lebih baik lagi. Ia pun mempertanyakan peran BNN dalam memberantas narkoba selama ini.

"Pertanyaannya Pak, sejauh mana ini kita melakukan peran? Atau kita berkamuflase aja di sini," kata Masinton. "Rutinitas. Saya nggak mau rapat begini rutinitas dan kita tidak ada bisa menyelesaikan persoalan negara kali yang hari ini. Kalau memang ini jadi rutinitas saya minta BNN dievaluasi, bubarkan."

Ia menegaskan akan melakukan revisi terhadap undang-undang terkait narkotika. Menurutnya, BNN sebaiknya dilebur saja mengingat tidak ada progres yang berarti.


"Kita akan melakukan revisi terhadap Undang-undang Narkotika. Dilebur saja nggak perlu lagi. Nggak ada progres," lanjut Masinton. "Setiap hari saya cemas dengan anak saya. Tetangga kita ini pak cemas dengan anaknya kita takut dengan pergaulan anak kita sendiri hari ini Pak."

Kritik senada juga disampaikan oleh anggota Komisi III dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Sarifuddin Sudding. "Jadi gimana supaya betul-betul kita harapkan BNN ini apakah lembaga ini masih tetap dipertahankan atau kita lebur aja satu institusi di kepolisian," kata Sudding di kesempatan yang sama.

Ia menyinggung bahwa masalah jaringan narkoba merupakan hal yang kompleks. Sebab, narkoba tak hanya menjadi momok di Indonesia, namun juga dunia internasional.

"Makanya kita kemarin dengan pihak kepolisian kita dorong niat institusi kepolisian untuk melakukan atau paling tidak dilebur gitu lho," lanjut Sudding. "Supaya kita bisa mendapatkan harapan baru dalam kaitannya masalah pemberantasan narkoba. Karena jaringan-jaringan internasional ini kan sangat nyata."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait