#JokowiTakutFPI Sempat Trending Topic, Begini Respon Istana
Nasional

Tagar #JokowiTakutFPI sempat menjadi trending topic di Twitter lantaran ucapan Menag Fachrul yang mendukung perpanjangan SKT FPI tersebut. Hal ini membuat pihak Istana buka suara.

WowKeren - Pernyataan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi yang tengah berjuang mendorong pemberian izin untuk FPI sempat menjadi sorotan. Alhasil, muncul tagar #JokowiTakutFPI yang menempati posisi trending topic di Twitter.

Merespon tagar tersebut, pihak Istana Negara mengatakan jika Presiden Joko Widodo tak ikut campur dalam urusan pemberian izin kepada FPI. Hal ini diungkapkan oleh Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman.

"Dipisahkan, pembantu presiden adalah Pak Mahfud Md Menko Polhukam, dan Bapak Mendagri Pak Tito Karnavian, kepada beliau lah yang bersifat teknis untuk disampaikan," kata Fadjroel di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (29/11).

Lebih lanjut, Fadjroel menjelaskan jika SKT FPI merupakan urusan Menko Polhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian. Sedangkan Presiden Jokowi sendiri lebih berfokus terhadap hal-hal yang bersifat prioritas lainnya seperti penegakan hukum dan anti-korupsi.


"Tapi Pak Jokowi ke atas, yaitu tegas mengatakan tetap politik pemerintah adalah antikorupsi, politik pemerintah adalah menegakkan hukum setegak-tegaknya," imbuhnya. Untuk respon Mahfud MD soal tagar tersebut pun Fadjroel mengaku bisa diapresiasi.

Sedangkan untuk persoalan izin FPI sedang dikaji oleh Mendagri dan Menko Polhukam. "Bagus sekali jawaban dari Pak Menko Polhukam. Nanti diambil saja jawaban dari beliau," tutur Fadjroel. "Jadi, ini karena mereka Menko Polhukam, Menteri Dalam Negeri adalah pembantu presiden, semua hal bersifat teknis akan diserahkan kepada mereka."

Sebelunya diberitakan jika Menko Polhukam Mahfud MD mengaku belum bisa mengeluarkan surat perpanjangan tersebut untuk saat ini. Mahfud menyebut bahwa masih terdapat permasalahan yang harus diselesaikan. "Ya kan sudah diumumkan kan. Ya itu pengumumannya gitu. Ada permasalahan, sehingga tidak bisa dikeluarkan sekarang. Ya itu aja," kata Mahfud di Jakarta Barat, Jumat (29/11).

Untuk itu, ia meminta agar ditunggu untuk perkembangan selanjutnya. "Ya ditunggu aja. Ditunggu aja. Ditunggu aja," ujar Mahfud.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru