Baju Mas Menteri Nadiem di Pelantikan Rektor UI Dikritik Terlalu Santai, Ini Kata Kemendikbud
Nasional

Mantan Ketua DPR Marzuki Alie menilai busana yang dikenakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dalam acara pelantikan Rektor UI terlalu kasual.

WowKeren - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim sempat menghadiri acara pelantikan Rektor Universitas Indonesia (UI) pada Rabu (4/12) kemarin. Dalam kesempatan tersebut, sang "Mas Menteri" mengenakan busana yang cukup kasual, yakni kemeja tenun biru dengan bagian lengan tergulung, celana jeans, dan sepatu loafers berwarna senada.

Sayangnya, penampilan Nadiem tersebut dikritik terlalu santai. Kritik tersebut datang dari mantan Ketua DPR, Marzuki Alie.

"Mas menteri @NadiemMakarim sebagai pejabat VVIP pada acara resmi protokoler, pelantikan rektor UI, pakai baju santai, sepatu tanpa kaos, disaat yang lain pakaian lengkap," cuit Marzuki pada hari ini (6/12). "Perlu mencontoh pres @jokowi yang bisa menyesuaikan dress codenya. Anda sekarang pejabat publik."

Marzuki Alie

Twitter

Menanggapi kritik tersebut, Kemendikbud pun buka suara. Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud, Ade Erlangga, memberi penjelasan tentang gaya Nadiem tersebut.


"Ya kritik ya terima kasih atas kritikannya tapi memang kan kita juga melihat pak menteri kan dalam konteks tidak.... Itu kan pelantikannya langsung oleh wali amanat," terang Ade dilansir detikcom. "Jadi wali amanat dengan pakaian kebesarannya, guru besar dan segala macam."

Ade lantas meminta agar semua pihak memaklumi gaya Nadiem. Ade mengaku bahwa gaya kasual tersebut juga kerap dipakai Nadiem kala menemui sang Presiden.

"Jadi dengan style Pak Menteri seperti kita bisa harus dipahami bahwa bagaimanapun style itu tampakkan dengan presiden, Presiden itu kan yang penting bahwa Presiden itu bahwa terjadi lompatan-lompatan kemajuan, jadi esensinya lebih ke situ," tegas Ade. "Jadi persoalan-persoalan substantif harus kita kembangkan bagaimana itu bisa dibangun bersama-sama. Soal style pakaian itu kan tidak masuk, Pak Menteri kan tidak masuk dalam seremonialnya."

Selain itu, Ade juga menjelaskan bahwa Nadiem tidak masuk ke dalam bagian seremonial acara pelantikan Rektor UI. Mantan CEO Gojek itu disebut hanya memberikan sambutan saja.

"Itu kan pak menteri tidak masuk dalam ritualnya tapi di luar itu pak menteri hanya memberikan sambutan," pungkas Ade. "Ritualnya tidak masuk di situ."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait