Bentrok Antara Ormas Islam dan Banser Pecah di Depan Kantor PCNU Solo
Nasional

Massa ormas Islam itu disebut membunyikan suara motornya dengan keras dan memicu massa Pagar Nusa dan Banser yang tengah berjaga di Kantor PCNU Solo keluar.

WowKeren - Bentrokan terjadi antara sejumlah massa ormas Islam dengan kelompok Nahdhlatul Ulama (NU) di depan Kantor PCNU Solo, Jawa Tengah. Bentrokan tersebut terjadi pada Jumat (6/12) sekitar pukul 15.15 WIB.

Awalnya, rombongan massa yang mengatasnamakan Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) dan Forum Umat Islam Surakarta (FUIS) melewati jalan di depan Kantor PCNU Solo. Namun, massa tersebut membunyikan suara motornya dengan keras dan memicu massa Pagar Nusa dan Banser yang tengah berjaga di Kantor PCNU Solo keluar.


Kedua massa akhirnya saling ejek dan berujung pada aksi saling lempar batu. Hal ini disampaikan oleh Ketua PCNU Wonogiri, Mubarok, yang ikut berjaga di Kantor PCNU Solo sejak siang hari.

"Kita memang rekan-rekan di NU, Pagar Nusa dan Banser sudah bersiaga di Kantor PCNU. Mereka DSKS dan FUIS usai demo di Polresta Surakarta melintasi kantor PCNU," terang Mubarok dilansir CNN Indonesia. "Ada aparat di situ, seharusnya saling menghormati, tapi ini malah bunyikan klakson dan gas sepeda motornya keras. Kami terpancing."

Aparat akhirnya berhasil meredam bentrokan saling lempar tersebut dengan memukul mundur massa DSKS dan FUIS sekitar pukul 17.00 WIB. "Ada aparat polisi dan Brimob akhirnya memukul mundur massa DSKS dan FUIS. Mereka dibawa menjauh dari kantor PCNU. Sekarang situasi sudah terkendali," terang Mubarok.

Sementara itu, Wakapolresta Surakarta AKBP Iwan Saktiadi menjelaskan bahwa pihaknya tidak menerima laporan adanya korban dalam bentrokan tersebut. "Belum ada laporan untuk lempar-lempar. Itu belum tahu siapa yang melempar, siapa yang terlempar. Korban tidak ada," terang Iwan.

Menurut Iwan, pihaknya sudah mempertemukan para pemimpin massa yang bergesekan tersebut. Kedua pihak pun disebut bisa saling memahami.

"Kami pertemukan pimpinannya. Mereka sudah berbicara sendiri, juga sudah ketemu, saling memahami," kata Iwan. "Dan intinya mereka sepakat menyelesaikan masalah dengan baik dan membubarkan diri."

Sementara itu, Iwan menyebut bahwa massa DSKS sebelumnya menggelar demonstrasi di Polresta Surakarta. Demonstrasi tersebut berkaitan dengan kasus Gus Muwafiq. "Kami identifikasi massa ada dari kantor PCNU dan satunya ialah peserta demonstrasi di Polresta tadi, DSKS," pungkas Iwan.

You can share this post!

Related Posts