Kapal Tongkang Jebol di Kaltim, Buldozer Hingga Batubara Tumpah ke Laut
Nasional

Plh Kasi Keselamatan KSOP Samarinda, Kapten Herdi Setiawan memastikan bahwa kapal yang jebol tersebut tidak sedang dalam kondisi kelebihan muatan, semuanya masih normal.

WowKeren - Sebuah kapal tongkang yang tengah berlayar di perairan Muara Berau, Kalimantan Timur mengalami kerusakan pada Sabtu (14/12). Akibatnya, kapal pengangkut batubara tersebut menumpahkan muatannya beserta satu unit buldozer.

Kejadian tersebut direkam oleh salah satu awak tongkang dengan menggunakan ponsel hingga akhirnya viral di media sosial. Dalam video yang viral beredar, terlihat sisi kiri kapal tongkang tersebut jebol dan diikuti tumpahan batu bara serta terceburnya salah satu alat berat yakni buldozer, ke laut.

Sementara itu, Plh Kasi Keselamatan KSOP Samarinda, Kapten Herdi Setiawan, mengatakan bahwa pihaknya telah menerima laporan terkait kejadian itu pada Sabtu (14/12). Adapun kapal yang mengalami kerusakan tersebut adalah Telaga Makmur 15 yang ditarik Kapal Karya Star 33.


Kapal tersebut berlabuh dari Perusahaan Batubara Bukit Baiduri Energi (BBE) menuju ke perairan Muara Berau untuk memindahkan muatan ke kapal yang lebih besar. "Sudah dari Sabtu, dan masih dicek wilayah hukumnya. Tapi itu masuk wilayah kerja Muara Badak, berarti Bontang," kata Herdi dilansir Kumparan, Senin (16/12).

Meski demikian, Herdi memastikan bahwa kondisi kapal normal. Kapal tersebut, dikatakannya, tidak sedang dalam kondisi kelebihan muatan. "Tidak ada kelebihan muatan, semua normal. Hanya, komunikasi yang kurang baik antara petugas dozer dan petugas tongkang," jelasnya.

Menindaklanjuti hal ini, Herdi menyebut bahwa pihaknya akan memberikan sanksi berupa teguran pada perusahaan bongkar muat yang bertanggung jawab atas muatan kapal tersebut. Jika sanksi teguran tidak mempan maka akan ditindak tegas. "Kita tegur, kalau tetap tidak bisa, ya kita beri sanksi tegas," katanya.

Sebelumnya, peristiwa kapal tenggelam terjadi di perairan Nusa Tenggara Timur. Sebuah kapal tol laut KM Shimpo 16 tenggelam di sekitar Pelabuhan Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. Kapal tersebut diketahui mengangkut lebih dari 1.000 ton semen dari Surabaya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait