Erick Thohir Apresiasi PLN Yang Padamkan Listrik Saat Banjir
Nasional

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tidak menampik jika listrik menjadi kebutuhan yang penting bagi warga namun tidak kalah penting juga untuk memperhatikan faktor keamanan.

WowKeren - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memantau pasokan listrik untuk wilayah Jabodetabek yang terdampak banjir. Menurutnya, PLN sudah bekerja baik dengan mengatur pasokan listrik.

Diketahui, PLN sempat melakukan pemadaman pada ribuan gardu di sejumlah wilayah yang terdampak banjir. Hal tersebut dilakukan demi alasan keselamatan warga.

"PLN sudah sangat baik melakukan pengaturan pasokan listrik," kata Erick dalam siaran pers seperti dilansir CNBC Indonesia, Jumat (3/1). "Untuk beberapa wilayah yang memang masih mengalami banjir, PLN memadamkan pasokan listrik, itu tentu demi keamanan."

Erick tak menampik jika listrik menjadi kebutuhan yang penting bagi warga. Namun, PLN baru akan menyalakan gardu listrik jika kondisi di wilayah terdampak banjir dipastikan sudah benar-benar aman.


"Kami menyadari bahwa dalam kondisi seperti ini listrik sangat dibutuhkan oleh masyarakat," lanjut Erick. "Saya lihat, PLN juga telah semaksimal mungkin untuk menyalakan listrik untuk daerah yang sudah aman."

Untuk memastikan bahwa kondisi wilayah terdampak banjir sudah aman untuk dinyalakan jaringan listrik, PLN melakukan inspeksi, pembersihan, pengeringan, dan pengecekan gardu distribusi yang terkena dampak banjir. PLN baru akan menyalakan aliran listrik setelah penandatanganan berita acara dengan Ketua RT/RW atau tokoh masyarakat setempat.

Sebelumnya, Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN, I Made Suprateka menyebutkan bahwa dari 23.700 gardu distribusi yang ada di seluruh wilayah Jabodetabek, ada sekitar 3.311 gardu yang terpaksa dipadamkan untuk sementara waktu. Terkait pemadaman ini, PLN pun menyampaikan permohonan maaf mereka.

"PLN mohon maaf untuk pemadaman sementara yang dilakukan," kata Made dalam penjelasannya, Kamis (2/1). "Kami amankan listriknya sampai benar-benar siap untuk dinyalakan agar masyarakat terhindar dari sengatan listrik, karena keselamatan warga adalah yang utama."

Selain itu, PLN juga mengimbau warga untuk mencabut seluruh peralatan listrik yang masih terhubung dengan stop kontak. Kemudian, warga juga perlu meletakkan alat elektronik di tempat yang lebih tinggi agar aman dari jangkauan air.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru