Bikin Ngeri, Damkar Bekasi Temukan Ular Piton Hingga Kobra di Tengah Banjir
Nasional

Pemadam Kebakaran (Damkar) Bekasi menemukan sejumlah ular yang muncul di area terdampak banjir. Dari penemuan tersebut, ada 2 ular piton sepanjang 3-4 meter, weling hingga jenis kobra.

WowKeren - Damkar Kota Bekasi menemukan dua ular piton sepanjang 3-4 meter di tengah banjir di Kota Bekasi, Jawa Barat. Tak hanya piton, Damkar juga telah menemukan ular kobra dan jenis weling dalam bencana tersebut.

"Iya betul ular piton," ujar Pelaksana Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Eko Uban dilansir detikcom, Jumat (3/1). Seekor ular piton sepanjang 3 meter ditemukan warga di Perumahan Villa 200, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jumat (3/1) pagi.

Langsung saja para warga segera melaporkan penemuan ular tersebut ke Damkar Kota Bekasi. Petugas damkar pun menuju loaksi dan melakukan proses evakuasi ular.

Beruntung tak ada korban jiwa maupun luka dalam persitiwa tersebut. "Alhamdulillah tidak ada (korban)," tuturnya.


Sementara itu, ada ular piton lain yang ditangkap di Perumahan Harapan Indah, Medan Satria, Kota Bekasi, Kamis (2/1) dengan panjang sekitar 4 meter. Damkar juga menangkap 2 ular weling dan 1 kobra.

"(Dalam semalam Damkar menangkap) ular piton 2, ular weling 2, ular kobra nya satu," katanya. Diketahui, ular-ular tersebut akan dievakuasi ke markas Damkar Kota Bekasi dan akan diserahkan ke komunitas pecinta reptil.

Sebelumnya, ahli herpetologi LIPI menjelaskan fenomena keluarnya ular-ular tersebut saat banjir disebabkan karena hewan melata itu mencari tempat lebih tinggi untuk mendapatkan udara untuk bernapas. "Ular kan memang bernapas dengan paru-paru, jadi ketika banjir, dia pasti naik ke atas, mencari tempat yang lebih tinggi," tutur Ahli Hepertologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Amir Hamidy, Kamis (2/1).

Seperti manusia, ular-ular ini pun mencari tempat yang tidak terkena banjir. Sehingga mereka kerap menyelamatkan diri ke rumah atau bangunan lain, seperti ditulis Universitas Wisconsin, Amerika Serikat.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait