Silang Pendapat Dengan Anies, Menteri PUPR Basuki Beri Ultimatum Ini Soal Banjir
Nasional

Basuki Hadimuljono menegaskan pihaknya enggan berdebat panjang lebar soal pelebaran sungai sebagai metode mengatasi banjir. Namun ia berharap otoritas terkait tetap menjalankan metode tersebut.

WowKeren - Perkara banjir besar yang sedang terjadi di DKI Jakarta dan sejumlah daerah sekitarnya terus menjadi sorotan publik. Apalagi karena banjir itu justru diiringi dengan perdebatan di kalangan penguasa.

Sebagai informasi, saat ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah bersilang pendapat dengan sejumlah pejabat pemerintahan pusat. Seperti dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono soal urusan normalisasi sungai, atau istilah Anies dikenal sebagai naturaliasi, atau dengan Presiden Joko Widodo tentang penyebab banjir.

Panasnya suasana di kalangan pemerintah ini pun membuat geram sejumlah pihak. Dan seperti enggan memperpanjang masalah, Basuki pun memberi pernyataan yang diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang ada.

Ia menegaskan bahwa baik metode normalisasi maupun naturalisasi sejatinya sama saja, yakni melebarkan sungai demi menambah kapasitas air yang ditampung. Perbedaannya, metode normalisasi menggunakan beton, sedangkan naturalisasi tak memakai bahan tersebut.


Namun demikian, imbuh Basuki, apapun metode yang ditempuh, pelebaran sungai adalah keharusan. "Mau namanya naturalisasi, mau normalisasi, sama semua. Sungai tetap butuh dilebarkan," tegas Basuki di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta Pusat, Jumat (3/1).

"Di video Pak Anies juga sama, sungai dilebarkan. Semua dibikin supaya penampung air lebih banyak," tambah Basuki, dikutip dari laman Detik Finance.

Menurutnya, pelebaran sungai, dengan apapun metodenya, harus dilakukan demi menambah kapasitas air yang bisa ditampung. Terutama dilakukan dalam rangka menghadapi luapan air yang besar saat Indonesia memasuki musim penghujan.

Basuki lantas menegaskan bahwa pihaknya tak ingin berdebat panjang soal pengelolaan sungai. Ia hanya meminta agar proses pelebaran sungai tetap dilakukan.

"Saya nggak mau debat lah. Nggak dididik untuk debat saya tuh," pungkas Basuki. Pernyataan tegas ini sekaligus mementahkan undangan Anies untuk berdebat pasca penanganan banjir selesai dilakukan.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait