DPRD Babel Larang Pemasangan Ornamen dan Simbol Tionghoa, Wasekjen PPP Minta Tak Hubungkan ke SARA
Nasional

Pernyataan Amri Cahyadi yang melarang pemasangan ornamen dan simbol Tionghoa di Bangka Belitung menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat. Wasekjen PPP pun meminta agar larangan tersebut tak dikaitkan dengan isu SARA.

WowKeren - Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Amri Cahyadi membuat geger warga Bangka Belitung setelah meminta ornamen dan simbol Tionghoa dibongkar. Hal ini lantas menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Meski begitu, Amri membantah orang-orang yang menyebutnya sebagai Anti Tiongkok. "Saya pribadi dan partai bukan anti Cina," ujarnya, Minggu (12/1). "Dalam konteks negara, suku Tionghoa yang sudah menjadi WNI adalah saudara, dan itu final. Terkait pernyataan itu, saya melihat sudah dipolitisasi dan keluar dari substansi yang saya maksud."

Lebih lanjut ia juga menjelaskan jika larangannya tersebut bukan dalam konteks kesukuan atau toleransi. Namun, terkait banyaknya kemunculan ornamen dan simbol budaya Tionghoa beberapa tahun ini di lokasi wisata yang ada di Bangka Belitung.


"Kalau tempat ibadah atau rumah pribadi tidak ada masalah," terangnya. "Namun, ini di lokasi wisata dan area publik, seperti gapura, pintu gerbang atau patung. Contohnya di Sungailiat. Silahkan datang sendiri ada patung perang terakota dan yang lainnya."

Sekali lagi, Amri menegaskan jika pernyataannya dan sikapnya ini tidak menyinggung rasial. “Sekali lagi ini bukan masalah etnis, agama, dan ras (SARA)," pungkasnya. "(Simbol) masih diizinkan di area pribadi yang bertepatan dengan keyakinan dan lingkungan masyarakat."

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Achmad Baidowi meminta agar pernyataan kadernya tersebut tak diseret-seret ke hal yang bersifat rasial. "Penjelasan Amri itu terkait dengan perlindungan budaya dan keindahan tempat-tempat wisata. Sehingga, tidak perlu ditarik-tarik ke wilayah sara apalagi dianggap sebagai anti Cina," katanya, Senin (13/1).

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts