Jelang Demo 'Emak-Emak' Jakarta, 2 Tagar Ini Rebutan Jadi Trending Topic
Nasional
Banjir Jakarta 2020

Tagar #JKTBergerakTurunkan4nies dan #JagadanKawalAnies terpantau susul-menyusul di daftar Trending Topic. Kedua tagar bak menjadi prolog demo pro-kontra Anies siang ini (14/1).

WowKeren - Banjir yang merendam Jabodetabek memang telah surut. Namun dampak yang ditimbulkan masih terus menjadi masalah, bahkan membuat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terancam "turun dari singgasana".

Desakan agar Anies turun dari kursi DKI 1 ini disampaikan oleh politikus PDI Perjuangan, Dewi Tanjung. Dewi menilai Anies sudah gagal menangani masalah banjir di Ibu Kota.


Desakan ini sedianya akan disuarakan lewat demonstrasi yang digelar pada Selasa (14/1) siang. Menurutnya, kaum "emak-emak" se-DKI Jakarta, yang sepaham dengannya, akan bergabung dalam demonstrasi tersebut.

"Iya itu demo para bunda se-DKI yang jadi korban banjir, yang mereka menuntut tanggung jawab Gubernur dan minta pertanggungjawaban Gubernur," ujar Dewi, Senin (13/1). "Kan selama ini Anies Baswedan terkenal cuci tangan dan melimpahkan kesalahannya kepada orang lain."

Massa tandingan pun langsung disiapkan oleh anggota DPD RI Fahira Idris. Fahira mengklaim tuntutan Dewi cs tak relevan lantaran Anies telah bekerja dengan baik untuk mengatasi banjir, bahkan lebih baik ketimbang pemimpin sebelumnya.

"Aksi sekelompok orang yang menyalahkan Gubernur, bahkan menuntutnya mundur, bukan aspirasi yang sepenuhnya mewakili warga Jakarta," tutur Fahira, Selasa (14/1). "Makanya, saat mendengar ada aksi yang menuntut Anies mundur, warga berinisiatif menggelar aksi mengawal Balai Kota dan mendukung kerja-kerja Gubernur dalam menangani banjir."

Namun "peperangan" tampaknya tak hanya berlaku di lokasi demonstrasi. Pasalnya dua kubu yang berbeda ini juga mulai "berperang" di media sosial.

Hal ini terbukti dari adanya dua tagar yang sejak Selasa (14/1) pagi saling susul-menyusul untuk memuncaki daftar Trending Topic Indonesia. Keduanya adalah #JKTBergerakTurunkan4nies dan #JagadanKawalAnies.

Jelang Demo \'Emak-Emak\' Jakarta, 2 Tagar Ini Rebutan Jadi Trending Topic-1

Twitter

Lewat tagar ini, kubu masing-masing memperjuangkan penilaian mereka atas kinerja Anies, terutama dalam mengatasi banjir. Berikut kutipan beberapa komentar warganet di tagar ini.

Jelang Demo \'Emak-Emak\' Jakarta, 2 Tagar Ini Rebutan Jadi Trending Topic-2

Twitter

Di sisi lain, polisi telah mengerahkan 659 personel untuk mengamankan sekitar Balai Kota dari dua kubu demonstran. Tak hanya itu, agar keributan antar dua elemen bisa dihindarkan, polisi juga akan melakukan penyekatan.

You can share this post!

Related Posts