Aspal Berasap Gegerkan Warga Bandung, Dinas PU Turun Tangan
Nasional

Dinas PU Kota Bandung menerjunkan petugas untuk melakukan pembongkaran pada aspal di persimpangan jalan Cipaganti-Pasteur di bawah jembatan layang Pasopati untuk mengetahui sumber asap.

WowKeren - Peristiwa kemunculan kepulan asap yang berasal dari dalam aspal jalan di persimpangan Jalan Cipaganti-Pasteur, Kecamatan Coblong, pada Senin (13/1) menghebohkan warga Kota Bandung. Penyebab munculnya kepulan asap yang belum diketahui itu pun membuat penasaran.

Untuk itu, Dinas PU Kota Bandung menerjunkan petugas untuk melakukan pembongkaran pada aspal di persimpangan jalan Cipaganti-Pasteur di bawah jembatan layang Pasopati tersebut. Kepala UPT Cibeunying Dinas PU Kota Bandung Lilis mengatakan bahwa pembongkaran aspal dilakukan untuk mengetahui sumber asap.

"Jadi hari ini aspal yang mengeluarkan asap itu dibongkar," kata Lilis, Selasa (14/1). "Setelah itu kita hot mix lagi."


Lilis menuturkan bahwa selama dilakukan pembongkaran, beberapa kali asap kembali muncul. Namun, intensitasnya relatif kecil dan singkat. "Dicoba dulu segini yang dibongkar. Kalau mengeluarkan lagi asap semuanya (sekitar 5x1 meter) di-hot mix," ujar Lilis.

Kepulan asap yang muncul ke permukaan diduga berasal dari material jalan berupa cat pelapis aspal. Di lokasi, terdapat cat merah pelapis aspal yang merupakan marka jalan tanda pemberhentian kendaraan bermotor. Lilis menduga bahwa cat merah tersebut dilapisi lagi dengan cat hitam. "Untuk jenis bahannya kita nggak tahu. Harus nanya ke Dishub," ujarnya.

Dilansir CNN Indonesia, material cat yang teksturnya menyerupai karet itu bisa mengeluarkan asap karena tekanan dari kendaraan melintas. Sebelumnya, Petugas Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) sendiri sempat mendatangi lokasi kejadian pada Senin siang.

"Pada saat pengecekan oleh petugas, asap kembali keluar dari aspal," tutur Kepala Bidang Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan (Diskar PB) Kota Bandung, Kurnia Saputra, masih dilansir CNN Indonesia. "Menurut Kurnia, petugas juga mencium bau kabel yang terbakar di lokasi kejadian."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru