Pulang dari Tiongkok, Seorang WNI Diduga Terjangkit Virus Korona Kini Diisolasi
Nasional

Pasien tersebut saat ini tengah dirawat di ruang isolasi RSPI Sulianti Saroso. Ruang tersebut dipastikan aman dari penyebaran virus karena tidak ada udara yang keluar.

WowKeren - Penyebaran virus corona asal Wuhan, Tiongkok kian meluas. Kekinian, Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso mengisolasi satu pasien terduga terjangkit virus tersebut.

Pasien yang diduga (suspect) tersebut diketahui baru saja pulang ke tanah air pada Rabu (22/1) dari Tiongkok. Adapun gejala yang dialami adalah demam tinggi di atas 38 derajat, radang tenggorokan, serta flu dan batuk.

Hal itu sebagaimana dijelaskan oleh Pokja Penyakit Infeksi Emerging RSPI Pompini Agustina. "Ketika masuk RS sudah demam diatas 38 derajat, radang tenggorokan dan flu batuk," kata dia, Jumat (24/1).

Pompini menjelaskan bahwa untuk memastikan bahwa pasien benar-benar menderita virus tersebut atau tidak, diperlukan penelitian lebih lanjut selama kurang lebih 2-3 hari. Untuk penelitian, akan diambil sampel dahak dan cairan dari dalam hidung.


"Sudah masuk ruang isolasi dan saat ini sedang uji laboratorium," tutur Pompini. "Untuk mengetahui lebih lanjut apa pasien benar-benar terkena corona virus atau tidak kita ambil sampel dahak dan cairan dalam hidung untuk penelitian."

Saat ini, pasien tersebut tengah dirawat di ruang isolasi sambil menunggu hasil laboratorium keluar. RSPI Sulianti Saroso mengaku sudah menyiapkan ruang isolasi untuk menangani kasus penyebaran infeksi korona. Direktur Medik dan Keperawatan RSPI Dyani Kusumowardhani memastikan bahwa ruang isolasi tersebut aman dari penyebaran virus karena tidak ada udara keluar.

"Kami punya ruang isolasi berisi 11 kamar yang aman untuk pasien dan petugas," kata Dyani. "Ruangan aman dari penyebaran virus karena tidak ada udara keluar, dipastikan steril."

Lebih lanjut, Dyani mengimbau pada masyarakat yang baru saja pulang dari wilayah endemik untuk segera memastikan kesehatannya ke rumah sakit. "Terutama jika baru saja pulang dari Cina, diharapkan memeriksakan kondisinya," kata Dyani.

Sebelumnya, publik tanah air sempat dihebohkan dengan kabar adanya pegawai Huawei yang berkantor di Gedung BRI, Jakarta Pusat yang diduga terjangkit virus corona. Namun, Menkes Terawan Agung memastikan jika pasien tersebut hanya menderita radang tenggorokan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait