Menkes Terawan Tetapkan Siaga I Terkait Virus Corona
Nasional

Menteri kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto meminta masyarakat untuk tetap tenang menyikapi berita penyebaran virus corona yang telah merambah ke berbagai negara dunia.

WowKeren - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan bahwa Indonesia saat ini dalam status Siaga I terkait virus corona. Virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok, ini menggegerkan dunia lantaran persebarannya sudah menjangkau sejumlah negara.

Selain Indonesia, virus dari Wuhan telah menyebar ke Thailand, Jepang, hingga Amerika Serikat. Terawan meminta masyarakat untuk tetap tenang menyikapi berita penyebaran virus misterius ini. Ia memastikan bahwa pihaknya akan mengecek pintu masuk negara untuk menekan persebaran virus tersebut dari Tiongkok.

"Aku akan cek semua termasuk pintu-pintu masuk negara, kita udah siaga satu ini, nggak ada tidurnya, jadi tenang," kata Terawan dikutip dari situs resmi Kemenkes, Jumat (24/1). "Saya bekerja membantu masyarakat untuk tidak usah khawatir."

Untuk itu, Kemenkes akan terus memantau potensi penyebaran virus corona. Bahkan, pihaknya juga sudah turun langsung ke lapangan mengecek setelah beredar kabar bahwa karyawan Huawei di Gedung BRI 2 diduga terjangkit virus corona pada Kamis (23/1).


"Saya begitu dapat berita langsung saya cek, terjadi dimanapun saya akan pantau," kata Terawan. "Percayalah, pemerintah berdiri untuk menjaga kepentingan semua rakyat."

Untuk memperketat pengawasan, Terawan menuturkan bahwa pihaknya telah meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan pengecekan pada pengunjung bandara melalui alat pengukur suhu. Tak hanya di bandara, namun juga pelabuhan. Hal tersebut untuk mengantisipasi tenaga kerja asing (TKA) yang berasa dari Tiongkok maupun negara lain yang terjangkit virus tersebut.

"Kami waspadai," jelas Terawan. "Apakah dia kena tanda flu bisa terlihat karena semua peralatan di bandara itu siap 24 jam maupun di pelabuhan laut maupun darat."

Sebelumnya, dilaporkan bahwa Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso pada Jumat pagi telah mengisolasi seorang pasien yang diduga terjangkit virus corona. Orang yang diduga alias suspect virus ini diketahui telah bepergian ke wilayah China dan pulang ke Indonesia pada Rabu (22/1).

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru