Belum Terkonfirmasi Corona, Ini Fakta Terbaru Soal Pasien di RSHS Bandung
Nasional

2 pasien di RS dr Hasan Sadikin di Bandung dilaporkan sedang diisolasi karena terduga terinfeksi virus Corona. Pihak RSHS Bandung pun buka-bukaan soal fakta terbaru kedua pasien, seperti berikut.

WowKeren - Wabah Corona terus menjadi pemberitaan panas beberapa waktu belakangan. Virus yang disebut-sebut berasal dari Wuhan, Tiongkok ini diketahui sangat mudah tersebar dan telah menyebabkan puluhan nyawa melayang.

Di Indonesia sendiri wabah Corona ini juga membuat banyak pihak waswas. Apalagi kekinian banyak informasi beredar soal keberadaan pasien-pasien yang terduga terinfeksi virus Corona.

Termasuk diantaranya adalah dua pasien diduga terjangkit virus Corona yang tengah diisolasi di Rumah Sakit Umum Pemerintah dr. Hasan Sadikin (RSHS), Bandung. Salah satunya merupakan pasien rujukan dari Rumah Sakit Cahya Kawaluya (RSCK), Kabupaten Bandung Barat.

Spekulasi soal kondisi kedua pasien itu pun berkembang liar, membuat RSHS Bandung segera menggelar konferensi pers. Digelar pada Senin (27/1) sekitar 09.00 WIB, jajaran dokter yang terkait pun memberikan pernyataan resmi mereka soal kondisi kedua pasien yang dirawat.

Disampaikan oleh Direktur Utama RSHS Bandung, dr. R. Nina Susana Dewi, Sp.PK(K)., M.Kes., MMRS, salah satu pasien merupakan Warga Negara Tiongkok. Pasien itu tiba dengan status observasi flu.


"(Namun) karena ada riwayat ke Cina, malam hari dipindahkan ke ruang isolasi infeksi khusus di Kemuning," jelas Nina, Senin (27/1) pagi. "Dengan memakai ambulans dengan standar penyakit infeksi."

Untuk kondisi klinis terkini, Ketua Tim Penanganan Infeksi Khusus RSHS Bandung, dr. Yovita Hartantri, Sp.PD-KPTI, menyatakan bahwa pasien dalam kondisi baik. "Pasien tidak ada demam dan kondisi stabil. Hasil pemeriksaan di daerah tenggorokan ada peradangan," jelas Yovita.

Sedangkan untuk pasien kedua ada riwayat epilepsi. Usai menjalani perawatan di Singapura, pasien ini justru terindikasi mengalami infeksi pernapasan saluran dalam akut.

Oleh karena itu, sampel kedua pasien pun tetap dikirimkan ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesehatan demi pemeriksaan lebih lanjut. RSHS Bandung mengonfirmasi hasil pemeriksaan sampel di Litbangkes baru bisa didapatkan paling tidak dalam jangka waktu dua hari.

Dengan demikian, Nina pun kembali menegaskan bahwa kedua pasien yang sedang dirawat di ruang isolasi saat ini belum terkonfirmasi terjangkit virus Corona. Kalau nanti sudah terkonfirmasi, RSHS Bandung pun siap memberikan pelayanan terbaik, termasuk dengan ruang isolasi yang lebih mumpuni.

"Jadi (bisa disimpulkan), pasien yang pertama tadi terobservasi infeksi saluran pernapasan atas akut. Yang kedua terobservasi infeksi saluran pernapasan bawah akut." tegas Nina. Ia pun berharap laju penyebaran berita hoaks di kalangan masyarakat bisa dikurangi demi meredam ketegangan dan kepanikan yang ada.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru