Prabowo Bertolak ke Rusia, Mau Beli Jet Tempur Sukhoi?
Nasional

Pertemuan antara Menhan Prabowo Subianto dengan Menhan Rusia, Jenderal Angkatan Darat Sergei Shoigu, di Moskow dikabarkan membahas kelanjutan pembelian belasan jet tempur.

WowKeren - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bertemu dengan Menhan Rusia, Jenderal Angkatan Darat Sergei Shoigu, di Moskow pada Selasa (28/1). Pertemuan itu dikabarkan membahas kelanjutan pembelian belasan jet tempur Sukhoi Su-35.

Meski demikian, Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan bahwa masih belum ada kepastian apakah pemerintah Republik Indonesia akan membeli jet tempur tersebut untuk persenjataan. Terkait lawatan Prabowo ke Rusia, Trenggono menyebut bahwa langkah itu merupakan bentuk diplomasi pada umumnya.

Ia menyebut tidak ada kesepakatan apapun terkait pembelian jet tempur tersebut. "Itu diplomasi pertahanan. Ya kan (lihat-lihat) belum tentu beli," kata Trenggono dilansir CNN Indonesia, Jumat (31/1).


Adapun harga pesawat tersebut ditaksir mencapai Rp 16,75 triliun. Lebih jauh, Trenggono memastikan bahwa masih belum ada kesepakatan terkait pembelian jet. "Belum (ada deal)," tegasnya.

Kalaupun ada kesepakatan pesawat itu akan dibeli, tentu saja tidak akan bisa dilakukan secara instan. Pesawat pun tidak mungkin tiba di Indonesia tahun ini. Pasalnya, diperlukan waktu kurang lebih dua tahun untuk proses kerja sama hingga pesawat itu tiba di Indonesia.

"Kan diplomasi perlu penjajakan," tegas Trenggono. Kalau begitu pesan, seandainya semua mulus, pesan kan butuh waktu juga. Hari ini pesan, bisa jadi dua tahun lagi baru ada."

Sebelumnya, Duta Besar RI untuk Rusia, Wahid Supriyadi mengatakan bahwa kontrak pembelian alat utama sistem pertahanan (alutsista) senilai Rp 16,75 triliun itu tinggal menunggu proses. Ya tadi disinggung juga (soal pembelian Sukhoi), itu tinggal tunggu proses saja," kata dia dilansir CNN Indonesia, Jumat (31/1).

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait