Kementerian Kesehatan Benarkan 2 Penumpang Kapal Viking Sun Sakit
Nasional

Diketahui, Kapal Pesiar Viking Sun sudah diizinkan untuk berlabuh dan menurunkan para penumpangnya di Bali usai seluruhnya dinyatakan aman dari virus corona pada Minggu (8/3) kemarin.

WowKeren - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sempat menolak bersandarnya kapal pesiar Viking Sun sempat di Tanjung Perak. Kebijakan "kejam" ini diambil pasca Risma menerima laporan bahwa ada dua orang yang diduga terjangkit virus Corona diangkut oleh kapal pesiar tersebut.

Kini, kapal tersebut sudah diizinkan untuk berlabuh dan menurunkan para penumpangnya di Bali usai seluruhnya dinyatakan aman dari virus corona pada Minggu (8/3). Pemeriksaan terhadap kru dan penumpang kapal dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sesuai dengan aturan WHO.

Meski demikian, Kementerian Kesehatan mengungkapkan bahwa terdapat 2 penumpang Viking Sun yang sakit, tetapi mereka bukan suspect corona. Dirjen P2P Kemenkes Achmad Yurianto menegaskan bahwa penumpang yang merupakan suspect atau bahkan positif terjangkit corona tidak mungkin diturunkan.

"Saya tak pernah mengatakan suspect. Dua orang sakit. Jangan digiring ke suspect. Lah kalau sakitnya bukan COVID-19, kok dibilang suspect. Pasti ndak akan diturunkan," tegas Yurianto di Kompleks Istana Kepresidenan pada Senin (9/3) hari ini. "Bukan suspect. Jangan digiring ke suspect. Nanti jadi polemik. Panasnya bukan karena COVID-19. Tolong dipahami."


Sebelumnya, sejumlah wisatawan kapal Viking Sun tampak berkeliling di Pasar Badung, Bali. Dengan ditemani pemandu wisata, selain berkunjung ke pasar, mereka juga mengunjungi tempat wisata lainnya di Bali dengan menggunakan bus.

Namun, Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, Dewa Gede Rai, mengaku bahwa pihak Pemkot tidak diberi pemberitahuan terkait hal tersebut. "Saya cek ke Dirut Pasar tidak tahu, ke Dinas Pariwisata juga tidak ada pemberitahuan,” katanya, Minggu (8/3).

Oleh sebab itu, Pemkot Denpasar melakukan penyemprotan disinfektan di Pasar Badung usai dikunjungi para penumpang Viking Sun. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi untuk menghindari penyebaran virus corona.

"Penyemprotan di Pasar Badung pasca dikunjungi tamu Kapal Viking Sun itu sebagai bentuk antisipasi penyebaran Covid-19 sesuai standar WHO," jelas Dewa Gede Rai. Penyemprotan tersebut dilakukan usai para pedagang pulang.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru