Obat Corona 'Chloroquine' Rawan Disalahgunakan, Pemerintah Beri Peringatan Ini
Nasional

Chloroquine yang dipercaya menjadi salah satu obat dalam menyembuhkan virus corona (COVID-19) rawan disalahgunakan, Pemerintah Indonesia beri pesan ini.

WowKeren - Presiden Joko Widodo baru saja menggegerkan publik setelah dirinya memborong jutaan pil obat jenis Chloroquine. Obat tersebut rupanya dipercaya dapat memberikan efek dalam melawan virus corona (COVID-19).

Meski demikian, Jokowi telah mengakui jika obat Chloroquine yang dibelinya tersebut bukanlah obat utama untuk menyembuhkan pasien positif corona. Penggunaan obat tersebut juga ternyata harus sesuai dengan resep dan pengawasan dokter.

Juru bicara Pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto lantas berpesan kepada masyarakat untuk tidak mencoba membeli, menyimpan bahkan mengkonsumsi obat tersebut sembarangan. Menurutnya, butuh surat dari dokter untuk mengkonsumsi obat chloroquine.

Selain itu, Yuri juga menegaskan dalam mengkonsumsi chloroquine juga diperlukan pengawasan ketat dari dokter. "Untuk perawatan pasien di rumah sakit tidak untuk diminum sendiri di rumah,” tegas Yurianto, seperti dilansir dari BNPB pada Senin (23/3).


Yuri lantas menjelaskan jika pemerintah memesan chloroquine lantaran obat tersebut cukup memberikan respons positif. Hal ini diketahui berdasarkan laporan bukti praktes medis dari negara lain.

Lebih lanjut, Yuri mengungkapkan jika ia berharap semua fasilitas kesehatan yang disiapkan pemerintah dapat memberikan layanan maksimal terhadap para pasien. Tidak hanya itu, ia juga telah menambah dukungan alat pelindung diri (APD), kebutuhan reagen, masker dan obat.

"Sehingga kita bisa lebih efektif lagi melaksanakan layanan perawatan," jelas Yurianto. "Dan kita bisa memberikan yang terbaik untuk para warga negara kita yang sedang terkena Covid-19."

Penyebaran wabah virus corona (COVID-19) di Indonesia semakin meningkat setiap harinya. Pemerintah Indonesia pun telah memberikan imbauan bagi masyarakat untuk menerapkan work from home (WFH) maupun belajar dari rumah sebagai langkah menekan penyebaran virus corona.

Saat ini, penyebaran wabah virus corona di Indonesia memang semakin meluas setiap harinya. Pemerintah Indonesia baru saja mengumumkan lonjakan pasien virus corona di Tanah Air dari yang sebelumnya 579 orang saat ini melesat menjadi 686 positif covid-19 pada Selasa (24/3).

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait