Tegal Longgarkan PSBB, Warga Boleh Salat Idul Fitri di Lapangan
Nasional

Salat Idul Fitri berjamaah hanya dapat dilakukan jika seluruh jemaah mau menerapkan protokol sesuai yang dianjurkan. Selain menjaga jarak, jemaah juga diharuskan memakai masker.

WowKeren - Pemerintah Kota Tegal telah melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai hari ini, Jumat (15/5). Hal ini berdampak pada tata cara pelaksanaan salat Idul Fitri di tengah pandemi.

Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi mengatakan jika pihaknya akan mengizinkan pelaksanaan ibadah salat Idul Fitri, baik itu yang dilaksanakan di masjid maupun lapangan. "Salat Id juga kita buka kok nanti, salat Idul Fitri," kata Jumadi dilansir CNN Indonesia, Jumat (15/5).

Namun dengan catatan, kegiatan salat Idul Fitri berjamaah hanya dapat dilakukan jika seluruh jemaah mau menerapkan protokol sesuai yang dianjurkan. Selain menjaga jarak, jemaah juga diharuskan memakai masker.

Ia mengatakan bahwa keputusan itu tidak melanggar aturan. Sebab menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI), daerah yang merupakan zona hijau boleh melakukan salat Idul Fitri secara berjamaah di masjid.


"Karena menurut MUI, daerah-daerah yang mampu mengendalikan virus corona dalam arti penyebaran menurun, landai, kan boleh," lanjut Jumadi. "Nah, kita sudah hijau, lalu apa lagi?"

Tak hanya ibadah salat berjamaah, pemerintah Tegal juga tidak akan melarang masyarakat yang ingin melakukan silaturahmi. Begitu juga dengan mudik lokal.

Seiring dengan dilonggarkannya PSBB, pusat perbelanjaan dan hotel pun juga sudah mulai beroperasi. Pengunjung yang datang ke tempat-tempat tersebut wajib menggunakan masker. Tak hanya bagi pengunjung, pelaku usaha juga harus mematuhi protokol kesehatan yang ketat. "Petugasnya juga pakai masker, sarung tangan. Eskalator dibersihkan satu jam sekali. ATM dibersihkan satu jam sekali," tuturnya.

Jumadi menuturkan jika kebijakan untuk melonggarkan PSBB juga sudah melalui persetujuan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Hal itu mengingat Tegal telah nihil kasus corona sejak Kamis (7/5) lalu.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait