Kritik Kartu Pra Kerja, Situs 'Prakerja.org' Meluncur dan Siap Berikan Pelatihan Gratis
Nasional

Kartu Pra Kerja dianggap tidak relevan dengan kondisi masyarakat Indonesia saat ini yang lebih membutuhkan bantuan sosial di tengah krisis akibat pandemi COVID-19.

WowKeren - Salah satu program pemerintah dalam mengatasi masalah ketenagakerjaan sekaligus "penyelamat" di tengah pandemi Corona adalah Kartu Pra Kerja. Sayangnya program yang menjadi unggulan Presiden Joko Widodo semasa kampanye ini dibanjiri kritikan pedas karena dianggap tak relevan dengan kondisi masyarakat Indonesia saat ini.

Banyak yang mengkritik pelaksanaan pelatihan yang digelar secara daring. Selain itu beberapa juga menyoroti mahalnya biaya yang dipatok untuk mengikuti satu pelatihan "sepele", meski sejatinya uang untuk membayarnya diberi oleh pemerintah.

Oleh karena itulah, belakangan ini muncul sebuah situs bertajuk "prakerja.org" yang menjadi viral di kalangan masyarakat. Situs itu pun menyediakan pelatihan-pelatihan yang serupa dengan Kartu Pra Kerja, hanya saja semua bisa diakses secara gratis.

Bahkan situs itu secara terang-terangan mengklaim sebagai bentuk kritik terhadap program Kartu Pra Kerja oleh pemerintah.


"Prakerja.org adalah bentuk kritik terhadap pemerintah terhadap program Kartu praKerja," demikian kutipan pernyataan pengantar di laman pembuka situs. "Lihat manifesto lengkap kami. Anda bisa bergabung dalam aksi nyata dengan menghubungi kami di [email protected]."

Keberadaan situs tandingan itu pun menuai tanggapan dari Direktur Komunikasi Program Kartu Pra Kerja, Panji Winanteya Ruky. Ia tak mengambil pusing soal keberadaan situs tersebut sebab Kartu Pra Kerja tetap memiliki kelebihan tersendiri, yakni akuntabilitas.

"Jika memiliki keahlian dan kualifikasi untuk dibagikan ke peserta Kartu Pra Kerja, silakan gabung jadi lembaga pelatihan di ekosistem Kartu Pra Kerja," jelas Panji, Sabtu (16/5). "Terbuka (untuk umum), tentunya harus memenuhi syarat dan kewajiban."

Namun demikian Panji membenarkan bahwa keikutsertaan di Kartu Pra Kerja tak serta-merta membuat sang peserta bisa langsung mendapatkan pekerjaan. Hanya saja sang peserta bisa mengasah kemampuannya terlebih dahulu.

Sedangkan bila dikutip dari situs resminya, Prakerja.org menyediakan pelatihan daring gratis dan bisa diakses bebas tanpa perlu melakukan pendaftaran. Kelas yang disediakan pun beragan, mulai dari wirausaha, pengembangan diri, teknologi, bisnis digital, hingga bisnis dan keuangan.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait