Buntut Kerumunan di Pasar Anyar Bogor, 2 Pedagang dan 2 Warga Reaktif Corona
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Membludaknya pengunjung yang nekat berbelanja baju baru untuk Lebaran di Pasar Anyar, Bogor menyebabkan 2 orang pengunjung dan 2 pedagan reaktif COVID-19 saat menjalankan rapid test.

WowKeren - Pasar Anyar, Bogor, Jawa Barat, baru-baru ini menjadi sorotan lantaran dipenuhi oleh warga yang berbelanja kebutuhan untuk menyambut lebaran. Peristiwa ini juga tentunya melanggar penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan guna menekan penyebaran virus corona (COVID-19).

Imbas dari aksi warga yang nekat ini terdapat empat orang yang merupakan pengunjung dan pedagang pasar tersebut akhirnya dinyatakan reaktif COVID-19 berdasarkan hasil rapid test massal pada Senin (18/5) kemarin.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno mengungkapkan, dari 200 alat rapid yang disiapkan, 131 orang mengikuti tes tersebut. "Hasilnya 4 orang reaktif yang terdiri dari dua pengunjung dan dua pedagang," kata Retno dalam keterangan tertulis dilansir Suara.com, Selasa (19/5).

Menurut Retno, untuk tindak lanjut 4 orang yang dinayatakan reaktif ini akan dijadwalkan untuk mengikuti test swab lanjutan. "Tindak lanjutnya, mereka kami jadwalkan untuk melakukan test swab dalam waktu dekat," ungkapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya memimpin jalannya penertiban pasar dalam rangka penerapan PSBB di Pasar Anyar, Bogor tersebut. Dalam kegiatan tersebut, petugas gabungan dari jajaran TNI, Polri, Satpol PP, Dishub dan Perumda Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor melakukan penutupan lapak liar, di tempat yang sama juga dilakukan rapid test bagi pengunjung dan pedagang pasar.

“Titik yang paling rawan di masa PSBB ini adalah pasar, ditambah lagi menjelang Lebaran. Kita amati ada arus warga yang datang berbondong-bondong belanja bukan kebutuhan pokok." ujar Bima Arya. "Karena itu saya koordinasikan dengan Forkopimda, Alhamdulillah didukung penuh Pak Danrem, Pak Dandim, Pak Kapolres, Pak Dandenpom, bahkan Komandan Batalyon 315."

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts